Jangan Abaikan Lingkungan Dalam Penataan Kawasan Jabodetabek–Punjur

Kamis, 10 September 2020 - 06:35 WIB
loading...
A A A
Dalam Perpres 60 Tahun 2020, indikasi program yang terkait Kementerian PUPR berjumlah 266 program. Seluruhnya mencakup 122 bidang Sumber Daya Air (SDA), 107 bidang Bina Marga berupa jaringan jalan arteri primer, jaringan jalan kolektor primer, dan jaringan jalan bebas hambatan. Kemudian 37 bidang Cipta Karya berupa SPAM, sistem jaringan drainase, sistem jaringan air limbah, dan sistem jaringan persampahan. (Baca juga: Ternyata Tidur Bisa Cegah Alzheimer)

“Ada beberapa isu yang memang sedang kita tangani, misalnya pengendalian banjir Jakarta, Bekasi. Belum lagi pembangunan jalan tol JORR 2 untuk mendukung konektivitas,” kata Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S Atmawidjaja kepada KORANSINDO.

Dia menjelaskan pada tahun ini beberapa program dimaksud sudah dikerjakan. Misalnya untuk sarana prasarana penyediaan air bersih atau air baku, antara lain pembangunan Waduk Karian, SPAM Juanda di Waduk Jatiluhur melalui skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Selain itu lanjutan pembangunan Bendungan Ciawi dan Sukamahi untuk mengurangi volume air di Sungai Ciliwung yang kerap membanjiri Jakarta. Demikian juga pengerjaan normalisasi sejumlah sungai seperti Sungai Ciliwung, Cisadane, Kali Krukut, dan Kali Bekasi. Termasuk membangun sodetan kali demi menekan debit banjir, khususnya yang kerap menimpa Jakarta dan Bekasi.

Upaya lainnya adalah mengatur saluran drainase primer melalui sungai dan kanal. Selain itu ada penetapan program pembangunan lima kanal, yaitu Kanal Barat, Cengkareng Drain, Kanal Timur, Cakung Drain, dan Cikarang–Bekasi Laut. Ada pula penetapan pengendalian banjir rob berupa tanggul pantai di sepanjang kawasan pesisir Jabodetabek–Punjur yang terintegrasi dengan sistem pengamanan pantai. (Lihat videonya: Limbah medis Rumah Sakit Mencemari Sungai Cisadane)

“Intinya penanganan air bersih dan pengendalian banjir juga. Jadi penanganannya dikerjakan dari hulu ke hilir juga. Mudah-mudahan tahun depan bisa selesai. Kalau untuk anggaran banjir saja, anggaran dari APBN saja hampir Rp5 triliun untuk anggaran program selama 2020–2021,” ujarnya.

Selain itu, mencakup konektivitas, Kementerian PUPR juga tengah mengerjakan pembangunan jalan tol lingkar luar Jakarta (JORR 2) dan preservasi jalan. Sementara itu program lainnya menjadi pekerjaan tahun jamak 2020–2021 dengan alokasi anggaran yang mencakup normalisasi Kali Bekasi, preservasi jalan, pembangunan TPA Cipeucang Kota Tangerang Selatan. (Fahmi Bahtiar/Faorick Pakpahan)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0946 seconds (0.1#10.140)