Kebakaran Hanguskan 154 Bangunan di Gambir, Polisi Dalami Unsur Kesengajaan

Selasa, 29 Agustus 2023 - 21:45 WIB
loading...
Kebakaran Hanguskan 154 Bangunan di Gambir, Polisi Dalami Unsur Kesengajaan
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin mengatakan, penyelidikan masih terus dilakukan guna mengetahui penyebab terjadinya kebakaran. Foto: MPI/Irfan Maulana
A A A
JAKARTA - Polisi masih terus meyelidiki peristiwa kebakaran yang menghanguskan 154 bangunan di permukiman padat penduduk Jalan Kebon Jahe Kober, Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. Kebakaran hebat ini juga menyebabkan dua warga meninggal.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin mengatakan, penyelidikan masih terus dilakukan guna mengetahui penyebab terjadinya kebakaran. Polisi sudah memeriksa sejumlah warga.

"Kemarin sudah tiga orang yang kita periksa. Kita juga masih mendalami orang yang katanya pertama kali melihat titik api untuk mencocokan dengan temuan dari Puslabfor," ujar Komarudin, Selasa (29/8/2023).


Dia mengatakan, Tim Puslabfor Mabes Polri telah menemukan titik api. Sejumlah bukti juga telah dibawa dari lokasi. Temuan itu selanjutnya akan dicocokkan dengan keterangan saksi.

"Barulah kita gali lagi apa penyebab dari hal (kebakaran) ini. Kelalaian kah, kesengajaan kah, atau ada unsur lainnya, pastinya kita akan dalami," ucapnya.


Komarudin menegaskan setiap permasalahan akan dicarikan solusinya. Setiap kelalaian yang berdampak pada kerugian juga pasti mendapatkan hukuman.



"Setiap kelalaian itu yang berdampak kepada kerugian baik materil maupun luka ringan, luka berat, dan sampai yang meninggal, tentu ada sanksi di dalamnya," katanya.

"Namun tentunya kita akan mengembalikan kearifan lokal atau apa sih yang bisa kita lakukan di balik dari musibah. Kita lihat sekiranya nanti ada temuan yang mengaraha perbuatan disengaja, yah pasti kita akan proses," sambungnya.

Diketahui, kebakaran yang terjadi di dekat Kantor Wali Kota Jakarta Pusat tersebut terjadi pada Rabu (23/8/2023) malam. Sebanyak 574 jiwa kehilangan tempat tinggal dampak dari kebakaran itu.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2935 seconds (0.1#10.140)