Perjuangan Tanpa Lelah Bripka Mukhlis Susilo Merawat Generasi Emas di Gang-gang Sempit Mampang Prapatan

Minggu, 23 Oktober 2022 - 21:12 WIB


Bripka Mukhlis Susilo membagikan buku bacaan melalui program Buku Boks. Foto: MPI/Erfan Maaruf

Agar bocah-bocah itu bersemangat, tak lupa polisi berambut tipis rapi ini membagikan jajanan cokelat sebagai teman baca. Ada beberapa anak yang lebih dahulu selesai membaca, sementara lainnya menunggu giliran. Anak yang terlebih dahulu selesai membaca diminta bertukar buku, sedangkan yang belum oleh Mukhlis diberikan cokelat batangan untuk menyelesaikan buku.

"Ayo diselesaikan membacanya," kata Mukhlis.

Begitu semuanya selesai membaca. Kelas dadakan itu belum rampung. Giliran Mukhlis yang membaca cerita. Dengan tutur kata lembut, dia menceritakan kisah Nabi Adam sebagai manusia pertama yang diciptakan Allah SWT. Setiap anak dengan seksama mendengarkan cerita Mukhlis dengan buku yang masih di tangannya.

"Sekarang saya minta salah satu di antara kalian bercerita apa yang telah dibaca," kata Mukhlis kepada anak-anak.

Setelah sekitar satu jam waktu berlalu Mukhlis mengakhiri kegiatan sosial yang diberi nama Buku Boks tersebut. Sebuah kegiatan untuk meningkatkan minat membaca anak-anak sekaligus mengurangi ketergantungan handphone dengan bermodalkan 10 buku yang disiapkan di boks motor.

"Ketika mobile (keliling) saya kerap melihat anak bermain handphone. Saya biasanya langsung berhenti kemudian saya ambil buku itu. Mereka lantas saya ajak membaca dan cerita," kata Mukhlis kepada SINDOnews.

Mukhlis mengaku selalu ada buku di boks motor tersebut, hampir setiap dua hari sekali buku tersebut diganti. Buku-buku tersebut adalah buku yang dibeli oleh istri untuk bahan bacaan kedua anaknya di rumah dan dibawa saat berdinas.

Mukhlis menuturkan awal mula kegiatan ini dilakukan pada 2020. Sayangnya belum lama berjalan, gelombang pandemi Covid-19 melanda. Alhasil kegiatan Buku Boks tak dijalankan lagi. Ketika pandemi berangsur surut, pada 2022 atau tahun ini ‘perpustakaan keliling’ itu dia gelorakan kembali.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More