Profil Marullah Matali, Birokrat Tulen Calon Kuat Pengganti Anies Baswedan

Jum'at, 20 Mei 2022 - 08:43 WIB
loading...
Profil Marullah Matali, Birokrat Tulen Calon Kuat Pengganti Anies Baswedan
Calon Pj Gubernur DKI Jakarta sudah mengerucut ke tiga nama. Salah satunya Sekda DKI Marullah Matali, yang telah mendedikasikan hidupnya di Pemprov DKI sejak 1996. Foto: MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan sudah mengerucut ke tiga nama. Mereka adalah Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Marullah Matali, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, dan Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan Juri Ardiantoro.

Salah satu nama, yakni Marullah Matali, sudah tak asing lagi bagi masyarakat Jakarta. Marullah merupakan putra asli Betawi yang telah mendedikasikan hidupnya di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sejak tahun 1996.

Baca juga: September, Mendagri Ajukan 3 Nama Calon Pj Gubernur DKI Pengganti Anies

Jabatan terakhir Marullah sebelum dilantik sebagai Sekda adalah Asisten Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Pengendalian Kependudukan. Selain itu, Marullah juga pernah menjabat sebagai Kepala Biro Pendidikan dan Mental Provinsi DKI Jakarta.

Pria kelahiran 1965 itu merupakan lulusan Universitas Islam Madinah di Saudi Arabia. Pada awal mengabdi sebagai ASN, Marullah lebih banyak menghabiskan kariernya pada Biro Pendidikan dan Mental Provinsi DKI Jakarta.

Kemudian pada 2018, Marullah menjadi salah satu dari empat wali kota asli Betawi yang dipilih Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Selama tiga bulan saat menjabat wali kota, Marullah melakukan terobosan dengan membentuk Program Jakarta Maghrib Mengaji.

Tujuannya untuk menghidupkan kembali budaya keagamaan yang positif melalui pembinaan mental dan spiritual, sehingga generasi muda tidak mudah terkontaminasi perilaku yang kurang baik.

Baca juga: Muncul 3 Nama Pj Gubernur DKI, Putri Zulhas Sebut Anies Tak Bisa Digantikan Orang Sembarangan

Setahun menjabat, Marullah berhasil menjalankan program Jakarta Maghrib Mengakui di 2.680 masjid yang tersebar di 65 kelurahan Jakarta Selatan. Bahkan untuk lebih mensosialisasikan kegiatan Jakarta Maghrib Mengaji, Marullah juga meluncurkan aplikasi JakartaMaghribMengaji.ID.

Profil Marullah Matali, Birokrat Tulen Calon Kuat Pengganti Anies Baswedan
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1219 seconds (10.101#12.26)