DKJ Awards 2024 Meriahkan HUT Ke-497 Jakarta, Berikut Daftar Dewan Jurinya

Minggu, 16 Juni 2024 - 10:46 WIB
loading...
A A A
Dewan juri menilai program CSR berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Kriteria penilaian mencakup tiga indikator. Pertama, keberlanjutan atau sustainability termasuk konsistensi dan pengembangan program.

Kedua, inovasi dan kreasi. Ketiga, dampak dan evaluasi terkait cakupan masyarakat yang memperoleh manfaat, besar kemampuan program memecahkan persoalan, hingga derajat peningkatan kualitas hidup dari target CSR.

Tiga Kategori Kunci

Kepala Biro Kerja Sama Daerah Setda DKI Jakarta Marulina Dewi mengungkapkan, DKJ 2024 merupakan bagian dari rangkaian HUT Jakarta sekaligus menjadi tahun pertama penyelenggaraan ajang apresiasi.

"Selama ini banyak sekali program CSR yang mungkin belum ter-cover, belum terdaftar, belum terlihat. Untuk itu, inilah dasar kami menyiapkan satu sesi bagi teman-teman di badan usaha yang telah banyak berkontribusi untuk Pemprov Jakarta melalui program-program (CSR)," ujar Marulina Dewi di Jakarta, belum lama ini.

Adapun tiga kategori DKJ 2024 yakni kategori kesehatan, lingkungan hidup, dan pemberdayaan masyarakat yang meliputi pendidikan, UMKM, peduli sosial, religi, olahraga, serta budaya.

Marulina Dewi mencontohkan pada kategori lingkungan, program yang bisa serta dalam DKJ 2024 seperti cleaner production, konservasi energi dan sumber daya alam, ataupun pengelolaan sampah melalui 3R (reduce, reuse, recycle).

Pada kategori kesehatan, contoh program yang bisa mendapatkan penilaian DKJ 2024 misalnya program Posyandu Sehati, penanganan stunting, hingga program bank sampah.

"Dan yang terakhir adalah bidang pemberdayaan masyarakat, ini misalnya program penghijauan kota seperti penanaman pohon, lalu pelatihan terkait pengembangan kewirausahaan, kemudian pemuatan lahan dalam rangka penataan kawasan. Tidak sekadar yang saya sebut, mungkin akan ada banyak program di luar dugaan kita," ungkapnya.

Dia menambahkan sesi penjurian ini dapat menjadi inspirasi bagi badan usaha dalam menjalankan program CSR ke depannya.
(jon)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1021 seconds (0.1#10.140)
pixels