Deretan Kapolres di Polda Metro Jaya dengan Gelar Pendidikan Magister

Sabtu, 04 November 2023 - 07:13 WIB
loading...
Deretan Kapolres di Polda Metro Jaya dengan Gelar Pendidikan Magister
Mayoritas Kapolres di wilayah Polda Metro Jaya memiliki gelar akademik Magister. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sebanyak 13 Polres berada di wilayah Polda Metro Jaya. Masing-masing tersebar di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Polres di wilayah Polda Metro Jaya ini dipimpin oleh perwira menengah dengan pangkat Komisaris Besar (Kombes) dan Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP). MayoritasKapolres di wilayah Polda Metro Jaya ini memiliki gelar akademik Magister.

Berikut nama-nama Kapolres di Polda Metro Jaya yang memiliki gelar Magister:

1. Kombes Pol Gidion Arif Setyawan S.I.K., S.H., M.Hum

Kombes Pol Gidion Arif Setyawan merupakan Kapolres Jakarta Utara. Dia merupakan jebolan Akpol 1996 dan berpengalaman dalam bidang reserse.

Sebelum menjabat sebagai Kapolres Jakarta Utara, pria kelahiran 10 Juni 1975 tersebut juga sudah banyak menyemat jabatan strategis lain.

Di antaranya seperti Dirreskrimum Polda Jawa Timur (2019), Analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Polri, hingga Kapolres Bekasi. Gidion memiliki gelar Magister Humaniora (M.Hum).

2. Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro S.H., S.I.K., M.Si

Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro baru beberapa bulan menjabat sebagai Kapolres Jakarta Pusat. Susatyo diketahui sebagai jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1998.

Berpengalaman di bidang reserse, sederet posisi strategis sudah pernah ditempatinya. Di antaranya Kapolres Sukabumi Kota (2017), Wakapolres Jakarta Pusat, Dirresnarkoba Polda Banten (2020), Kapolresta Bogor, hingga Kasubdit V Dittipidnarkoba Bareskrim Polri.

susatyo juga pernah terlibat baku tembak dengan teroris di Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat pada Jumat, 14 Januari 2016. Waktu itu, dia menjabat sebagai Kabag Ops Polres Jakarta Pusat. Susatyo memiliki gelar akademik Magister Sains (M.Si).

3. Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi S.H., S.I.K., M.H

Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi merupakan Kapolres Jakarta Selatan. Ade Ary merupakan lulusan Akpol 1998.
Pria kelahiran Sukabumi ini juga beberapa kali sempat menjabat kapolres di wilayah berbeda, seperti Kapolres Karawang (2017) Kapolresta Pontianak (2019), hingga Kapolresta Tangerang (2019).

Mantan Kasat Reskrim Polres Bekasi ini memiliki gelar Magister Hukum (M.H).

4. Kombes Pol Leonardus Harapantua Simarmata Permata, S.Sos., S.I.K., M.H.

Kombes Pol Leonardus Harapantua Simarmata Permata merupkan Kapolres Jakarta Timur. Leonardus adalah lulusan Akpol 1997. Pada tahun 2019 lalu, dia meraih gelar doktor Ilmu Hukum Universitas Brawijaya (UB).

Dia menjadi doktor ke-401 Fakultas Hukum Universitas Brawijaya dan mendapatkan predikat A. Adapun judul disertasinya adalah ‘Reformulasi Kewenangan Polri dalam Sistem Peradilan Pidana Pemilihan Kepala Daerah'.

Pria kelahiran 28 Mei 1973 ini memulai tugasnya di Korps Bhayangkara setelah lulus Akpol. Saat itu, dia pernah menjadi Pamapta Polres Pinrang Polda Sulsel (1998) dan Kapolsek Lembang Polres Pinrang Polda Sulsel (1999).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1432 seconds (0.1#10.140)