GMKI: Permasalahan Polusi Udara di Jakarta Butuh Solusi Komprehensif

Selasa, 29 Agustus 2023 - 18:05 WIB
loading...
GMKI: Permasalahan Polusi Udara di Jakarta Butuh Solusi Komprehensif
Ketua Umum PP GMKI Jefri Edi Irawan Gultom menyebut permasalahan polusi udara di Jakarta butuh solusi yang komprehensif. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) turut menyoroti kondisi udaradi Jakarta yang belakangan memburuk. GMKI menilai permasalah polusi udara di Jakarta harus diselesaikan secara komprehensif dengan melibatkan berbagai pihak.

"Polusi udara Jakarta merupakan masalah yang kompleks dan membutuhkan solusi yang komprehensif,” ujar Ketua Umum PP GMKI Jefri Edi Irawan Gultom,Selasa (29/8/2023.



Jefri mengungkapkan, berdasarkan pengamatan berbagai pihak dan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), terdapat lima sumber utama polusi udara di Jakarta, yakni transportasi, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), Uap air, Kebakaran hutan dan lahan (karhutla), serta el nino.

Jefri menyoroti bahwa dari sumber-sumber tersebut, transportasi dan PLTU dianggap sebagai penyumbang terbesar polusi udara di Jakarta. Kendaraan bermotor, menurut data Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jakarta, berkontribusi sebesar 96,36% emisi CO, 57,99 persen emisi PM10, dan 11,58 persen emisi SO2. "Transportasi dan PLTU merupakan dua sumber utama polusi udara di Jakarta,” katanya.



Untuk itu, GMKI mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi polusi udara, khususnya di sektor transportasi. Beberapa kebijakan yang direkomendasikan meliputi pengembangan transportasi umum yang nyaman dan terjangkau, peningkatan pengawasan terhadap emisi kendaraan bermotor, serta promosi penggunaan kendaraan listrik.

Untuk mengatasi masalah polusi udara PLTU, Jefri mengusulkan agar pemerintah segera mengganti bahan bakar PLTU dari batu bara menjadi energi terbarukan. “Pemerintah harus segera melakukan transisi energi dari batu bara ke energi terbarukan, seperti solar, angin, dan air,” ungkap Jefri.

Alumni Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia itu juga mendorong ASN untuk mengikuti instruksi Mendagri agar ASN Jabodetabek WFO naik transportasi umum. "Langkah ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi polusi udara dari sektor transportasi,” tandasnya.

Menurut Jefri, upaya rehabilitasi lahan dan hutan serta pengendalian karhutla juga diusulkan sebagai langkah untuk mengurangi polusi udara di Jakarta. Selain itu, Jefri juga menyoroti dampak polusi udara terhadap kesehatan masyarakat.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI Jakarta, jumlah pasien ISPA di Jakarta meningkat tajam dalam beberapa minggu terakhir. Pada minggu pertama Agustus 2023, jumlah pasien ISPA mencapai 10.000 orang. Jumlah ini meningkat hingga 20 persen di minggu kedua Agustus, dan meningkat hingga 30 persen di minggu ketiga Agustus.

“Peningkatan jumlah pasien ISPA ini merupakan dampak dari polusi udara yang semakin memburuk di Jakarta,” imbuh Jefri.

Jefri menegaskan, PP GMKI akan terus mendorong pemerintah dan masyarakat untuk bersama-sama mengatasi masalah polusi udara Jakarta. "Kami mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama menjaga kualitas udara di Jakarta agar tetap sehat dan aman bagi masyarakat,” tutup Jefri.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2437 seconds (0.1#10.140)