Waspada! Polusi Udara Jakarta di Malam Hari Jauh Lebih Buruk

Senin, 28 Agustus 2023 - 14:20 WIB
loading...
Waspada! Polusi Udara Jakarta di Malam Hari Jauh Lebih Buruk
Polusi udara di Jakarta ternyata jauh lebih buruk dan tidak sehat pada malam hari hingga menjelang pagi. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Polusi udara di Jakarta ternyata jauh lebih buruk dan tidak sehat pada malam hari hingga menjelang pagi. Hal ini hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG Fachri Radjab mengungkapkan, konsentrasi particulate matter (PM 2.5) relatif lebih tinggi menjelang pagi hari. PM 2.5 adalah partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2.5 mikron (mikrometer).



"Kalau kita lihat siklus harian, PM2.5 memang dalam siklus harian konsentrasi cenderung lebih tinggi pada malam hari. Malam hari itu relatif lebih tinggi hingga menjelang pagi," ujar Fachri saat menjadi pembicara di acara ‘Diskusi Publik Quick Response Penanganan Kualitas Udara Jakarta’, Senin (28/8/2023).

Fachri melanjutkan, pada pagi hari seiring dengan meningkatnya aktivitas masyarakat, konsentrasi PM2.5 memang relatif meningkat.

Kondisi itu dipengaruhi oleh lapisan inversi. Ketebalan lapisan inversi pada malam hari mengecil sehingga konsentrasi PM2.5 semakin tinggi.


"Polutan ataupun partikel yang menyebabkan polusi itu kenapa cenderung tinggi di malam hari, itu karena adanya yang kita sebut lapisan inversi, itu lapisan pembalik. Kalau kita kenal suhu makin tinggi tempat makin dingin ya, tapi pada ketinggian tertentu dia akan tetap stabil suhunya, dia tidak turun, itu yang disebut lapisan inversi," jelasnya.

Pada lapisan inilah, kata dia, polutan-polutan itu berkumpul. Ketika malam hari ketebakan lapisan inversi itu mengecil sehingga konsentrasinya semakin tinggi.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)