Ribuan Masyarakat Mulai Berdatangan untuk Hadiri Upacara HUT ke-78 RI di Istana Merdeka

Kamis, 17 Agustus 2023 - 08:12 WIB
loading...
Ribuan Masyarakat Mulai Berdatangan untuk Hadiri Upacara HUT ke-78 RI di Istana Merdeka
Ribuan masyarakat mulai memadati Istana Merdeka untuk mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-78 Kemerdekaan RI. Foto/MPI/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Ribuan masyarakat mulai memadati Istana Merdeka untuk mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-78 Kemerdekaan RI pada Kamis (17/8/2023).

Pantauan di lokasi, masyarakat dari berbagai macam kalangan beramai-ramai menuju tempat upacara. Masyarakat yang hadir turut serta mengenakan berbagai macam pakaian adat dari berbagai daerah.

Sebelum memasuki Istana Merdeka, masyarakat yang hadir diperiksa terlebih dahulu barang bawaan. Usai diperiksa, masyarakat dipersilakan masuk untuk menduduki kursi yang telah disediakan.

Salah satu yang hadir yakni artis Gilang Dirga bersama istrinya yang memakai baju adat Jawa. Gilang mengaku baru pertama kali ikut upacara langsung di Istana Merdeka.

Dirinya berharap dapat melihat langsung paskibraka yang akan mengibarkan merah putih.


"Ya vibenya beda lah, karena kita kan datang langsung ke sini, melihat langsung upacaranya apalagi yang pengen saya lhiat itu kan adalah Paskibraka.
Semoga seluruh rakyat Indonesia bisa merasakan kenyamanan yang sama," kata Gilang.

Terpisah kakak beradik dari Jakarta bernama Ita dan Nita menjadi kesempatan keduanya untuk hadir langsung mengikuti upacara di Istana. Keduanya mengaku memakai pakaian adat Dayak.

"Acaranya mudah-mudahan meriah ya karena ini katanya terakhir tahun depan di IKN ya. kita turut mempromosikan IKN dengan menggunakan pakaian adat (Dayak) ini. Semoga ke depannya negara kita lebih maju tidak ada lagi perselisihan tidak ada lagi keributan segala macam deh pokoknya siapapun pilihannya nanti," kata keduanya.

Perlu diketahui, pada tahun ini upacara akan dilaksanakan secara terbuka dengan jumlah undangan yang lebih banyak. Adapun jumlah undangan yang telah disiapkan oleh Sekretariat Presiden bagi masyarakat untuk hadir dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi ke-78 Kemerdekaan RI di pagi hari dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di sore hari yakni masing-masing 8.000 undangan.

Pada peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun ini, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin memastikan bahwa rangkaian kegiatan akan makin meriah dari tahun sebelumnya. Masyarakat juga lebih banyak dilibatkan untuk turut serta mengikuti jalannya kegiatan di Istana.

Bey menyampaikan bahwa peringatan HUT RI tahun ini mengusung tema Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal tersebut tampak dari ornamen-ornamen pelengkap dekorasi di Istana Merdeka yang menunjukkan semangat bahwa Indonesia memiliki ibu kota baru di IKN.

“Iya memang temanya IKN. Jadi semuanya kan bisa dilihat dari mulai di depan tempat foto itu udah IKN, termasuk di sini (Istana Merdeka) juga IKN,” kata Bey.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1820 seconds (0.1#10.140)