Begini Penelusuran Rumah Mewah yang Diisukan Milik Anies via Mesin Pencarian

Selasa, 25 Mei 2021 - 15:15 WIB
Dari penelusuran mesin pencarian ternyata rumah mewah yang diisukan milik Anies berada di Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur bukan di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Foto: Ist
JAKARTA - Isu rumah mewah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dari pengembang reklamasi terus bergulir. Anies pun menantang pihak-pihak yang menyebutkan dirinya menerima rumah membuktikan ucapannya.

Di tengah isu liar itu muncul akun Twitter @sirajapadoha memposting foto rumah mewah disertai pesan tertulis. Rumah itu disebutkan berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Baca juga: Agen Properti Terkejut Rumah Mewah yang Dipasarkannya Jadi Bawa-bawa Nama Anies

"Gabener menerima hibah RUMAH MEWAH dari Dubai atas IZIN REKALMASI yg dikeluarkan. Gabener dan izin2 proyek lainnya.

Rumah baru si Wan TOA ini ada di Kebayoran Baru, Jaksel," demikian pesan tertulis yang menyertai foto itu.



Namun, setelah ditelusuri menggunakan mesin pencarian ternyata rumah mewah itu sebenarnya berada di Jakarta Timur.

Pegiat media sosial Ismail Fahmi menelusuri rumor rumah mewah Anies. Dari hasil penelusuran ternyata foto rumah tersebut berasal dari portal layanan jual beli properti. Lokasi rumahnya berada di Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur, dan dipasarkan 2018.

Ismail mengatakan, rumor rumah mewah Anies tidak benar dan harus dijadikan sebagai pelajaran masyarakat ketika dihadapkan dengan rumor. "Rumor itu suatu berita yang belum tentu benar yang sering disampaikan dalam bentuk pertanyaan untuk membuat orang menjadi bertanya-tanya tanpa disertai fakta jelas. Rumor sifatnya gelap membuat sangat efektif mengaburkan informasi atau menjatuhkan orang kalau sifatnya negatif," jelasnya.

Baca juga: Ditunggu Cuitan Lanjutan Denny Siregar Setelah Isu Anies Terima Rumah Mewah Memanas

Melalui video tutorial, dia menjelaskan tata cara menelusuri rumor rumah mewah milik Anies tersebut. Langkah-langkah yang dapat dilakukan yakni pertama, install Extension Reverse Image Search, kedua klik kanan foto yang mau dicek, pilih All Search Engine, ketiga lihat Tab Yandex, lihat daftar gambar yang mirip. Nah, akan ketemu sumber aslinya.

"Ini sangat mudah, sering-sering dipraktikkan. Ketika orang cek foto atau video cek sendiri tanpa harus menunggu pihak lain," kata Ismail.

Anies diterpa rumor menerima hadiah rumah dari pengembang reklamasi. Dia tidak mau ambil pusing dan meminta media melakukan pengecekan. "Saya rasa teman-teman media bisa memanfaatkan ini untuk kesempatan kritis, karena kalau ada berita seperti itu, Anda kejar dimana lokasinya, di mana alamatnya, di mana nomornya, jadi beritanya itu lengkap," ujar Anies.
(jon)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More