Tiga ABK Tewas Keracunan di Tangki Air saat Pengecatan Kapal di Perairan Marunda

Senin, 29 April 2024 - 18:53 WIB
loading...
Tiga ABK Tewas Keracunan di Tangki Air saat Pengecatan Kapal di Perairan Marunda
Sebanyak tiga orang ABK TB Sakata Maju yang terjebak di bawah dek kapal yang sedang lego jangkar pada Minggu (28/4/2024) di Perairan Marunda, Jakarta Utara meninggal dunia. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebanyak tiga orang Anak Buah Kapal (ABK) TB Sakata Maju yang terjebak di bawah dek kapal yang sedang lego jangkar pada Minggu (28/4/2024) di Perairan Marunda, Jakarta Utara meninggal dunia .

Kepala Basarnas Jakarta, Desiana Kartika Bahari selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR gabungan mengatakan pihaknya melakukan proses evakuasi terhadap tiga ABK.



Data tiga ABK TB Sakata Maju yang meninggal dunia yakni Wibi Santoso Pratama (26), Tegar Saputra Sandyardi (27), dan Mohammad Jainudin (54).

Ia mengungkapkan ketiga orang ABK ini sedang melakukan pembersihan Main Hole tangki air serta melakukan pengecatan sekitar pukul 10.30 WIB.

"Hingga salah satu di antara mereka pingsan dan kedua lainnya dengan peralatan seadanya bermaksud menolong namun akhirnya pingsan dan terjebak di dalam main hole tersebut," ujar Desiana kepada awak media, Senin (29/4/2024).

Personel Basarnas Jakarta yang menerima informasi tersebut menuju lokasi kejadian untuk melakukan proses evakuasi terhadap korban.

"Kami kerahkan personel rescue dengan peralatan mountenering yang dilengkapi dengan peralatan Self Contained Breathing Apparatus (SCBA) karena kami prediksi ada gas beracun di ruangan tersebut," kata dia.

Desiana mengungkapkan bahwa personel rescue Basarnas Jakarta membuat Lifting System dengan peralatan mountenering kemudian mempersiapkan rescuer dengan peralatan Self Contained Breathing Apparatus (SCBA) dalam kondisi oksigen yang tipis dan ruang yang terbatas untuk melakukan proses pengangkatan terhadap korban.

"Ketiga korban tersebut berhasil diangkat sekitar pukul 22.52 WIB dalam kondisi meninggal dunia kemudian dibawa menggunakan RIB 03 Jakarta menuju Pelabuhan Marunda dan selanjutnya dievakuasi ambulance menuju Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo," ungkapnya.



Personel SAR gabungan yang terlibat dalam operasi SAR di antaranya adalah Basarnas Jakarta, Polairud Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Utara, Polairud Baharkam Polri, BPBD DKI Jakarta, Pos TNI AL Marunda, dan KPLP.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1847 seconds (0.1#10.140)