DPR Wacanakan Bentuk Pansus Pembongkaran di DKI

DPR Wacanakan Bentuk Pansus Pembongkaran di DKI
A+ A-
JAKARTA - DPR mewacanakan membuat Panitia Khusus (Pansus) Pembongkaran. Langkah ini diambil setelah sikap Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang dinilai tak mengedepankan aspek manusiawi dan dialogis dalam melakukan pembongkaran.

Kepastian itu terlontar setelah Wakil Ketua DPR RI, Fadil Zon mendatangi eks penggusuran Kampung Aquarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat 23 September 2016 siang. Bersama dengan dua anggota DPR lainnya, Aryo Djojohadikusomo dan Beim T Benyamin. Pembentukan ini akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Kami bentuk Pansus, Gubernur sudah lakukan semena-mena. Bagaimana bisa pembongkaran dilakukan kalau secara administratif semua warga terpenuhi," ucap Fadil Zon kepada SINDO.

Demi memuluskan hal itu, Fadil akan membicarakan dengan sejumlah fraksi partai lain dan komisi yang ada di DPR. "Coba kita lihat, ada kesewenangan yang terjadi dalam penggusuran di Jakarta," tutur Fadil.

Selain dinilai tidak berprikemanusian, Fadil menilai, cara Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) semacam ini akan menimbulkan perlawanan dari masyarakat luas.

Sikap ini, lanjut Fadil sangat kontradiktif dengan cara Jokowi - Ahok saat berkampanye dahulu. Pasalnya, Jokowi yang kala itu menjadi calon Gubernur menyatakan tidak akan melakukan penggusuran yang mengkesampingkan kemanusian, seperti yang dilakukannya ketika menjadi wali kota Solo menggusur puluhan PKL tanpa perlawanan.

Meski demikian, tanpa adanya Pansus, DPR sendiri bisa melakukan penekanan terhadap Pemprov DKI Jakarta. Pasalnya DKI merupakan kepanjangan dari pemerintah pusat.


Selanjutnya...
dibaca 3.596x
Halaman 1 dari 3
Top