Gudang Amunisi TNI Meledak, Warga Temukan Serpihan Peluru: Pas di Atas Kepala

Minggu, 31 Maret 2024 - 05:09 WIB
loading...
Gudang Amunisi TNI Meledak, Warga Temukan Serpihan Peluru: Pas di Atas Kepala
Seorang warga bernama Sofian menemukan serpihan peluru yang terpental dari Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Paldam Jaya, Ciangsana, Kabupaten Bogor, yang meledak dan terbakar pada Sabtu (30/3/2024) malam. Serpihan peluru itu melintas di atas kepalanya. Fot
A A A
BOGOR - Seorang warga bernama Sofian menemukan serpihan peluru yang terpental dari Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Paldam Jaya, Ciangsana, Kabupaten Bogor, yang meledak dan terbakar pada Sabtu (30/3/2024) malam. Serpihan peluru dari gudang amunisi itu melintas di atas kepalanya.

"Pas kita lagi jaga di pos, radius 300 meteran dari lokasi ledakan, pas di atas kepala persis (serpihan peluru), dipungut sama temen-temen juga, pas dilihat serpihan yang tinggal potongannya," kata Sopian kepada wartawan di pengungsian, Minggu (31/3/2024) dini hari.

Sopian menemukan satu serpihan peluru tersebut setelah satu jam ledakan pertama di gudang terjadi. "Nggak lama pas stand by di situ, sama temen-temen pemerintah desa, itu pas lagi kenceng-kencengnya pas lagi banyak ledakan. Pas di atas kepala, diambil serpihannya itu, cuma satu," ujarnya.

Sebelumnya, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan mengungkapkan sebanyak 15 gudang amunisi senjata milik TNI AD di Ciangsana terbakar, Sabtu (30/3/2024) malam.



"Sekitar 15 gudang (terbakar). Tetapi kami pastikan sekali lagi bahwa sistem pergudangan sudah sesuai prosedur berada di bunker semua dan apalagi kondisi munisi yang kedaluwarsa ini sudah sudah aman kalau ledakan. Tetapi ya kita tidak tahu, munisi kan terbang ke mana-mana," kata Hasan kepada wartawan.

Diketahui, Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) menerjunkan robot untuk menyisir lokasi Gudmurah Paldam Jaya, Ciangsana, Kabupaten Bogor. Gudang tersebut terbakar hingga menyebabkan ledakan hebat sekitar pukul 18.05 WIB.



Robot itu mulai beranjak dari batas aman ke lokasi sekitar pukul 00.40 WIB. Robot tersebut juga ditemani oleh drone untuk menerangi area jalan.

Robot tersebut digunakan untuk mengetahui kondisi gudang. Jika dirasa sudah aman, barulah petugas pemadam kebakaran berangkat ke lokasi.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)