Ratusan Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Kedatangan Paus Fransiskus di Bandara Soetta

Selasa, 03 September 2024 - 07:30 WIB
loading...
Ratusan Personel Gabungan...
Sebanyak 700 personel gabungan TNI-Polri dikerahkan dalam pengamanan kunjungan Paus Fransiskus di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (3/9/2024) hari ini. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Sebanyak 700 personel gabungan TNI-Polri dikerahkan dalam pengamanan kunjungan Paus Fransiskus di Bandara Soekarno-Hatta , Selasa (3/9/2024) hari ini. Personel gabungan tersebut juga bertugas untuk mengawal kedatangan delegasi International Sustainability Forum (ISF).

"Kami selaku Kasubsatgas Pengamanan Bandara dalam Operasi Tribrata-Jaya 2024 ini, menerjunkan 700 personel gabungan dari unsur TNI-Polri, AVSEC dan stakeholder Kementerian/Lembaga yang bertugas di pelayanan Bandara Soetta," kata Kapolresta Bandara Soetta Kombes Pol Roberto Pasaribu dalam keterangannya, Selasa (3/9/2024).

Roberto Pasaribu menjelaskan, pelaksanaan pengamanan kunjungan Paus Fransiskus dan Delegasi ISF dibagi menjadi tiga ring. Pertama diisi oleh Paspampres, ring dua diisi oleh TNI, serta ring tiga oleh pihak kepolisian serta Avsec AP II Bandara Soetta.



"Dalam hal ini kami berperan untuk melakukan pengamanan ketibaan, termasuk nantinya keberangkatan seluruh rombongan dalam 2 kegiatan kenegaraan tersebut di Bandara Soetta," katanya.

Dia menambahkan, pada operasi terpusat dengan sandi Tribrata Jaya 2024 tersebut pihaknya menggelar Tactical Floor Game (TFG). Ia menjelaskan, TFG bertujuan untuk memberikan masukan kepada satuan fungsi, sehingga dapat mempermudah dalam koordinasi dan konsolidasi terkait pengamanan kedatangan Paus Fransiskus dan ISF khusus pengamanan Bandara Soetta.

Menurutnya, seusai apel gelar pasukan pihaknya bersama stakeholder menggelar kegiatan preventif berupa patroli gabungan di area Terminal 1, 2 dan 3, serta terminal kargo, untuk menciptakan kondisi kamtibmas yang aman kondusif. Termasuk tetap melaksanakan kegiatan rutin kepolisian untuk menciptakan keamanan dan ketertiban di bandara seperti pada hari-hari biasanya.

"Kami juga melakukan kegiatan berupa swepping di seluruh jalan Bandara Soetta dan menuju gerbang Tol Bandara Soetta, bertujuan untuk menghindari benda-benda seperti paku yang menyebabkan bahaya, agar nanti rombongan bisa berjalan dengan aman dan lancar dari Bandara Soetta menuju lokasi kegiatan," katanya.



Sementara itu, Dandim Tangerang Letkol Inf Ary Sutrisno menambahkan, dalam pengamanan kedatangan Paus Fransiskus dan ISF pihaknya menerjunkan 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) yang terdiri dari 125 personel. Ary menjelaskan, seratus lebih personel tersebut digelar mulai jalur parkir VVIP sampai dengan route keluar rombongan tamu negara Paus Fransiskus dan delegasi ISF dari wilayah Bandara Soetta, demikian juga nanti sebaliknya saat kepulangan rombongan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1812 seconds (0.1#10.140)