Perjuangan Tanpa Lelah Bripka Mukhlis Susilo Merawat Generasi Emas di Gang-gang Sempit Mampang Prapatan

Minggu, 23 Oktober 2022 - 21:12 WIB
loading...
A A A
"Kegiatan-kegiatan sosial dalam rangka meningkatkan ketakwaan, kecerdasan masyarakat membantu masyarakat dalam kehidupan di tingkat kelurahan dan desa demi terbinanya persatuan dan kesatuan," kata dia saat dihubungi SINDOnews.

Ketua Yayasan Guru Belajar (YGB) Bukik Setiawan mengapresiasi kerja-kerja kepolisian yang bertujuan menjaga dan merawat anak-anak bangsa untuk kehidupan lebih baik. Menurut dia, mendidik dan menjaga anak-anak menjadi tanggung jawab bersama apa pun profesinya. Sebab, anak-anak merupakan generasi yang nantinya akan menjadi generasi masa depan.

Orang tua, guru dan lain-lain harus memastikan keamanan, gizi, pendidikan dan karakter anak generasi penerus bangsa. Hal itu diperlukan untuk mempersiapkan agar anak-anak dapat mengatasi setiap masalah saat menghadapi tantangan di saat zaman mereka.

"Melalui interaksi semacam membaca buku di gang rumah kepada anak-anak tersebut dapat membangun pemahaman, memperkaya kosa kata, memahami perbedaan sudut pandang dan mengasah penalaran," ujarnya.

Komisioner Kompolnas Poengky Indrati mencermati pesan Presiden Jokowi terhadap Polri ketika mengumpulkan pejabat Mabes Polri, kapolda hingga kapolres di Istana Negara, Jumat (14/10/2022) lalu. Dalam pandangannya, Presiden memberikan semacam ‘teguran keras’ kepada seluruh anggota Polri agar melaksanakan tugas sebaik-baiknya yaitu melayani, mengayomi, dan melindungi masyarakat serta menegakkan hukum untuk mewujudkan kamtibmas.

Dalam konteks ini, upaya-upaya Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan polisi untuk berinteraksi sehari-hari dengan masyarakat menjadi sangat penting. Bhabinkamtibmas punya peran preventif dan preemtif yang jauh lebih penting daripada represif.

“Antara lain polisi Bhabinkamtibmas merangkul masyarakat, menjadi kawan sekaligus problem solver bagi masyarakat. Bersih, ramah dan sopan pada masyarakat. Cepat dan profesional dalam melaksanakan tugas. Dengan demikian wajah polisi yang dilihat masyarakat adalah wajah yang humanis,” ucapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0991 seconds (0.1#10.140)