Perjuangan Tanpa Lelah Bripka Mukhlis Susilo Merawat Generasi Emas di Gang-gang Sempit Mampang Prapatan

Minggu, 23 Oktober 2022 - 21:12 WIB
loading...
Perjuangan Tanpa Lelah Bripka Mukhlis Susilo Merawat Generasi Emas di Gang-gang Sempit Mampang Prapatan
Bhabinkamtibmas Bripka Mukhlis Susilo membacakan cerita dan mengajak belajar anak-anak di Gang Haji Dahlan, Tegal Parang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Sabtu (22/10/2022). Foto-foto: MPI/Erfan Maaruf
A A A
JAKARTA - Terik menyengat Jakarta selepas Zuhur beberapa hari lalu. Namun, pancaran panas sinar surya itu tak menyurutkan semangat Bripka Mukhlis Susilo menarik gas sepeda motor dinasnya. Berwarna abu-abu gelap dengan tulisan kapital Bhabinkamtibmas , kendaraan roda dua itu menelusuri aspal pekat kawasan Jakarta Selatan .

Laju motor membelok ke Gang Haji Dahlan RT 5 RW 3 Kelurahan Tegal Parang, Kecamatan Mampang Prapatan. Di permukiman padat penduduk, Mukhlis kudu pelan melajukan kendaraan. Di sebuah rumah, di pinggir sungai, dia berhenti.
Baca juga: Jenderal Sigit: Buku Jalan Presisi Kapolri untuk Membenahi Korps Bhayangkara

Mukhlis bertamu. Sang pemilik rumah ternyata sedang terbaring sakit. Sekitar 30 menit anggota Polsek Mampang Prapatan itu bersilaturahmi, sekaligus memberikan dukungan moral. Tak lupa dia juga mendoakan agar segera sembuh.

Menjenguk warga sakit bukan hal aneh bagi Mukhlis. Bisa dikata, aktivitas tersebut bahkan menjadi salah satu rutinitas. Biasanya, dia mendapat informasi ada warga sakit dari penggerak PKK atau dari warga lainnya. Tentu saja itu bukan satu-satunya kegiatan yang biasa dijalani. Yang tak banyak orang tahu, di sepeda motor Mukhlis ternyata tersimpan buku-buku bacaan dan jajanan cokelat batangan. Untuk apa?

Antara Buku Boks dan Pencak Silat

Usai pamit mengunjungi rumah warga yang sakit, Mukhlis tak cepat-cepat berlalu dari gang sempit itu. Perhatiannya tertuju pada sekelompok anak-anak sedang asyik bercengkerama sambil bermain ponsel. Mukhlis pun menghampiri. Namun, sebelumnya dia menuju sepeda motor yang diparkirkan tak jauh dari situ.

Dia lantas membuka boks di bagian belakang motor. Di situ dia mengambil 10 buku bacaan serta dua kotak jajanan cokelat. Sapaan ramah dia lontarkan kepada anak-anak yang sebagian di antaranya sedang tenggelam dalam layar handphone tadi.

“Siapa yang mau baca buku?” katanya seraya mengacungkan buku cerita di tangannya, Sabtu (22/10/2022). Serentak bocah-bocah tadi menoleh. Tak butuh waktu lama, buku itu cepat berpindah tangan. Anak-anak kecil yang tadi sibuk melihat ponsel antusias menerima buku dari tangan Mukhlis.
Perjuangan Tanpa Lelah Bripka Mukhlis Susilo Merawat Generasi Emas di Gang-gang Sempit Mampang Prapatan

Bripka Mukhlis Susilo membagikan buku bacaan melalui program Buku Boks. Foto: MPI/Erfan Maaruf

Agar bocah-bocah itu bersemangat, tak lupa polisi berambut tipis rapi ini membagikan jajanan cokelat sebagai teman baca. Ada beberapa anak yang lebih dahulu selesai membaca, sementara lainnya menunggu giliran. Anak yang terlebih dahulu selesai membaca diminta bertukar buku, sedangkan yang belum oleh Mukhlis diberikan cokelat batangan untuk menyelesaikan buku.

"Ayo diselesaikan membacanya," kata Mukhlis.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1555 seconds (0.1#10.140)