Perjuangan Tanpa Lelah Bripka Mukhlis Susilo Merawat Generasi Emas di Gang-gang Sempit Mampang Prapatan

Minggu, 23 Oktober 2022 - 21:12 WIB
loading...
A A A
Dia menambahkan, mengajak membaca atau mengajarkan pencak silat semata-mata demi niat agar generasi muda Indonesia sekarang benar-benar menjadi generasi emas. Untuk itulah dalam setiap kesempatan dia tak lelah untuk memberikan motivasi kepada anak-anak muda itu.

“Saya mengingatkan bahwa mereka adalah orang yang akan mengisi kemerdekan 10-20 tahun ke depan. Majunya negara berada di tangan mereka. Jangan takut untuk bermimpi," katanya.

Wajah Presisi dan Humanis

Aksi Bripka Mukhlis Susilo sepintas terlihat biasa saja. Bahkan oleh sebagian orang bisa jadi dianggap tugas rutin seorang Bhabinkamtibmas. Namun jika ditelaah lebih dalam, langkah-langkah kecil itu sejatinya implementasi nyata dari tugas dan fungsi Polri yaitu melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengejawantahkan tugas pokok Korps Bhayangkara itu dalam paradigma baru yang terkenal dengan sebutan Presisi. Jenderal lulusan Akademi Kepolisian 1991 tersebut berkeinginan menjadikan Polri sebagai institusi yang prediktif, responsibilitas, transparansi dan berkeadilan. Paradigma ini menjadi fondasi dari cita-cita transformasi Polri yang mencakup transformasi organisasi, operasional, pelayanan publik, dan pengawasan.
Perjuangan Tanpa Lelah Bripka Mukhlis Susilo Merawat Generasi Emas di Gang-gang Sempit Mampang Prapatan


Dalam setiap kesempatan, Kapolri tak bosan-bosan untuk mengingatkan kepada jajaran mengenai pentingnya semangat dan prinsip Presisi ini. Di atas itu, Sigit juga kembali mengingatkan pentingnya nilai-nilai filosofis yang mesti konsisten dijalankan semua anggota yakni polisi yang humanis dan beretika.

Pada rapat kerja dengan Komisi III DPR pada Rabu 24 Agustus silam, Jenderal Sigit juga menekankan lagi tiga kompetensi Polri untuk seluruh anggota. Tiga kompetensi itu mencakup teknis, kepemimpinan dan etika.

“Yang terus kita tanamkan tiga kompetensi. Jadi hal itu yang terus kita kembangkan mulai dari pendidikan terendah, pendidikan pembentukan, pendidikan pengembangan sampai pendidikan paling tinggi,” tutur jenderal yang pernah dipercaya sebagai ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2021 bahwa Bhabinkamtibmas bertugas untuk melakukan pembinaan terhadap keamanan ketertiban masyarakat di tingkat kelurahan atau desa bersama masyarakat.

Menurut polisi kelahiran 26 Juli 1968 ini, berbagai kegiatan baik atau inovasi Bhabinkamtibmas merupakan upaya kesadaran diri yang patut diapresiasi. Hal itu dapat meningkatkan keteladanan di tengah masyarakat dan ikut mencerdaskan masyarakat.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1650 seconds (0.1#10.140)