Pemprov DKI Bakal Bangun Rusunawa di Pulau Reklamasi Pantai Kita

Minggu, 25 September 2022 - 14:11 WIB
loading...
Pemprov DKI Bakal Bangun Rusunawa di Pulau Reklamasi Pantai Kita
Pemprov DKI Jakarta akan membangun rusunawa di proyek reklamasi Pulau C atau Pantai Kita di Pantai Utara Jakarta. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta akan membangun rusunawa di proyek reklamasi Pulau C atau Pantai Kita di Pantai Utara Jakarta. Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahamad Riza Patria, tak mungkin pulau tersebut semuanya hanya permukiman.

"Di situ kan harus saling mendukung antara kepentingan warga, kepentingan permukiman, kepentingan komersil juga untuk saling melengkapi dan saling mendukung serta kepentingan lainnya," ujar Riza di Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Minggu (25/9/2022).
Baca juga: Perluasan Daratan Tertuang di Pergub RDTR, Ini Bedanya dengan Reklamasi

Dia juga tak memungkiri dibangunnya Pulau C untuk kepentingan bisnis. Namun, juga harus diimbangi kepentingan masyarakat, salah satunya pembangunan rusunawa.

Pembangunan rusunawa di Pulau Kita tertuang dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) DKI 2023-2026. Pantai Kita merupakan salah satu pulau reklamasi yang saat ini tengah dibangun Pemprov DKI.

Sementara itu, berdasarkan Pasal 192 nomor 3 Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 31 Tahun 2022 tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Wilayah Perencanaan DKI Jakarta, Pulau G diarahkan untuk permukiman.
Baca juga: Dua Wajah Anies di Pusaran Reklamasi

Riza menuturkan Pulau G terbuka untuk warga Jakarta. Menurutnya, tidak boleh ada wilayah mana pun di Jakarta yang eksklusif.

"Yang tidak boleh didatangi atau sepihak itu tidak boleh, semua harus diberi kesempatan siapa saja," tegasnya.

Setiap warga Jakarta harus diberikan kesempatan yang sama. "Salah satunya untuk permukiman. Nanti akan dibahas apalagi selain permukiman pasti ada permukiman ya bisa jadi dibahas bersama," ucapnya.
(jon)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2763 seconds (11.252#12.26)