Deretan Pasar Loak yang Melegenda di Jakarta

Jum'at, 04 Maret 2022 - 10:32 WIB
loading...
A A A
3. Pasar Loak Poncol

Pasar Loak Poncol sudah ada sejak 1960-an ketika terdapat pedagang loak di sepanjang Jalan Bungur. Lokasinya terletak di Senen, Jakarta Pusat. Pada tahun 1965, para pedagang berjualan dengan cara dipikul. Jumlah pedagang tersebut kemudian semakin banyak dan kian lelah memikul dagangan.

Akhirnya para pedagang tersebut secara swadaya membuat bangunan untuk menjual barangnya. Pada tahun 1970, lapak-lapak sudah mulai berdiri. Sejak dahulu, Pasar Poncol dikenal menjual barang bekas yang asli.
Deretan Pasar Loak yang Melegenda di Jakarta

Foto/Antara

Pasar ini juga menjual barang antik peninggalan zaman penjajahan. Hingga kini Pasar Poncol masih menjual beragam barang bermerek dengan harga terjangkau. Selain barang bekas, ada pula barang baru, barang sisa pabrik, dan barang antik lainnya.

4. Pasar Loak Jembatan Item

Pasar Loak Jembatan Item terletak di antara dua kelurahan, yaitu Rawa Bunga dan Balimester. Beberapa pedagang di sana menggelar lapak dengan meja kecil atau beralaskan spanduk bekas. Tempat ini merupakan gudangnya barang-barang bekas dengan harga terjangkau.
Deretan Pasar Loak yang Melegenda di Jakarta

Foto/djatinegara.com


Contoh barang-barang bekas yang dijual ialah perkakas, pakaian, sepatu, komponen otomotif, hingga TV, radio dan handphone. Asal pintar memilih barang, para pembeli akan mendapatkan barang dengan kualitas yang bagus. Pasar ini buka dari pukul 8 pagi hingga menjelang maghrib, namun ada juga beberapa pedagang yang buka hingga 24 jam.

5. Pasar Antik Jalan Surabaya

Pasar Antik Jalan Surabaya berlokasi di distrik Menteng, Jakarta Pusat. Pasar ini menjual barang-barang antik yang bervariasi, seperti aksesoris kapal, wayang, koin tua, batik, piringan hitam vinyl, dan telepon tua. Kebanyakan barang yang dijual merupakan barang yang ada pada masa lalu Indonesia hingga kini.

Pasar ini juga menjual barang baru impor dan barang bekas berkualitas. Saat hendak membeli di Pasar Antik Jalan Surabaya ini, para pembeli harus pintar menawar harga barang.
Deretan Pasar Loak yang Melegenda di Jakarta

Foto/Okezone
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0802 seconds (0.1#10.140)