Deretan Pasar Loak yang Melegenda di Jakarta

Jum'at, 04 Maret 2022 - 10:32 WIB
loading...
Deretan Pasar Loak yang Melegenda di Jakarta
Pasar loak merupakan sebuah tempat berlangsungnya kegiatan jual beli barang loak atau bekas.Foto/SINDOphoto/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Pasar loak merupakan sebuah tempat berlangsungnya kegiatan jual beli barang loak atau bekas, mulai dari yang kualitasnya rendah hingga barang berkualitas tinggi. Meski barang loak adalah barang bekas, namun tetap memiliki nilai ekonomis.

Di Jakarta, pasar loak bisa ditemukan di beberapa wilayah. Di antara pasar loak tersebut, ada yang melegenda karena sudah berdiri sejak lama.
Berikut daftar pasar loak yang melegenda di Jakarta dilansir dari berbagai sumber.

1. Pasar Ular

Pasar ini terletak di kawasan Plumpang, Jakarta Utara. Walaupun namanya Pasar Ular, namun tempat ini tidak menjual ular. Di Pasar Ular terdapat beraneka ragam benda, seperti tas, sepatu kulit, dan dompet. Barang-barang tersebut cukup bermerek dan tentunya dijual dengan harga miring.

Pasar Ular sudah ada sejak 1959 yang merupakan tempat para pedagang kagetan Kawasan III Pelabuhan Tanjung Priok (kini Terminal Peti Kemas Koja). Akibat pembangunan terminal itu, lokasi pasar yang semula di seberang Plaza Koja dipindah ke Rawa Badak, Plumpang.
Deretan Pasar Loak yang Melegenda di Jakarta

Foto/Istimewa

Nama Pasar Ular dibahas oleh Zaenuddin HM dalam bukunya, 212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe. Dijelaskan bahwa pada zaman dahulu barang yang dijual merupakan pakaian dan perabot dari produk luar negeri atau impor yang diselundupkan dari Pelabuhan Tanjung Priok.

Pengadaan barang yang dilakukan secara diam-diam (selundupan) itu diibaratkan seperti ular saat hendak menerkam mangsanya. Entah siapa yang memulainya, tempat itu pun lantas dijuluki “pasar ular” yang kemudian menjadi nama resmi pasar tersebut.

2. Pasar Taman Puring

Pasar Taman Puring memiliki dua lantai dengan ratusan kios di tiap lantainya. Pasar ini terletak di kawasan Mayestik, Jakarta Selatan. Beragam jenis sepatu, seperti sepatu hiking, boots, dan kets bisa ditemukan di sini. Sepatu-sepatu yang dijual di sini mulai dari yang berkualitas rendah hingga tinggi, dengan harga terjangkau dan bisa ditawar.
Deretan Pasar Loak yang Melegenda di Jakarta


Tak hanya menjual sepatu, Pasar Taman Puring juga menjual aneka onderdil kendaraan dan peralatan olahraga. Terdapat juga barang bekas dan barang baru. Banyaknya pilihan barang yang ditawarkan membuat pasar ini hingga sekarang masih cukup populer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1626 seconds (0.1#10.140)