Anies Sebut Masyarakat Tunjukkan Disiplin di Masa PSBB Transisi

Selasa, 09 Juni 2020 - 06:56 WIB
loading...
A A A
Doni pun berpesan kepada kabupaten/kota yang telah berada di zona hijau dan kuning untuk menyiapkan langkah-langkah pencegahan agar angka kasus Covid-19 tidak naik. “Kabupaten/kota yang berada pada zona hijau dan kuning harus siapkan manajemen krisis, evaluasi, monitoring, testing masif, lacak agresif, putus rantai penularan. Kalau ada kenaikan kasus, tim gugus tugas (daerah) bisa memutuskan pengetatan atau penutupan kembali setelah konsultasi dengan gugus tugas provinsi dan pusat,” ujarnya.

Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah memperketat penerapan protokol kesehatan seperti penerapan physical distancing, pemeriksaan kesehatan, dan tes Covid-19 secara masif di setiap sarana transportasi publik yang menjadi pintu masuk ke Jakarta seperti bandara, terminal bus, stasiun MRT, serta stasiun KRL antarkota dan KRL Jabodetabek.

“Pemerintah juga harus fokus dalam mengendalikan dampak dari arus balik warga dari berbagai daerah menuju Jakarta serta tetap melaksanakan protokol kesehatan terhadap penumpang yang menggunakan transportasi umum di bawah pengawasan ketat aparat yang bertugas agar dapat mencegah penyebaran Covid-19,” ucapnya, Senin (8/6/2020). (Lihat Videonya:Gelar Kelulusan Secara Virtual Digelar SMP di Bandarlampung)

Bamsoet mengatakan, Kementerian Ketenagakerjaan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi perlu menugaskan setiap perusahaan untuk mendata para karyawannya yang mudik Lebaran dan melakukan swab test maupun tes kesehatan dan melakukan karantina pribadi sebelum mulai beraktivitas kembali. “Kami mendorong pemerintah menginstruksikan kepada semua instansi pemerintah pusat dan daerah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi karyawan yang mulai kembali bekerja,” urainya.

Sementara itu, kasus positif virus corona di Indonesia bertambah 847 pasien positif, sehingga total jumlah kasus positif mencapai 32.033 orang, sembuh 10.904 orang dan 1.883 meninggal dunia. Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, mengungkapkan, kasus positif tersebar di 422 kabupaten/kota seluruh provinsi di Tanah Air. “Telah 422 kabupaten/kota yang terdampak dari Covid-19 ini di 34 provinsi,” ucapnya. (Yan Yusuf/Bima Setiadi/Binti Mufarida)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)