Asal Mula Puncak, Tempat Wisata Favorit Pelancong sejak Zaman Kolonial

Sabtu, 04 Desember 2021 - 06:03 WIB
loading...
A A A
Kemudian Kebun Raya Cibodas. Dalam Java the Wonderland, Kebun Raya Cibodas menjadi salah satu tempat wisata favorit palancong. Kebun Raya Cibodas erat kaitannya dengan Cinchona calisaya atau Kina, salah satu jenis tanaman yang penting di masa Hindia Belanda. Kebun Raya Cibodas didirikan pada 11 April 1852 oleh Johannes Ellias Teijsmann.

Tujuan pendirian Kebun Raya Cibodas adalah sebagai tempat aklimatisasi jenis-jenis tumbuhan asal luar negeri yang mempunyai nilai penting dan ekonomi yang tinggi, salah satunya adalah Pohon Kina yang berasal dari daerah Amerika Selatan. Kebun Raya Cibodas berada di ketinggian sekitar 1.425 mdpl. Di Kebun Raya Cibodas ini pelancong juga dapat menikmati keindahan Air Terjun Cibeureum.

Tempat wisata pelancong lainnya adalah Kawah Gunung Gede. Dari Air Terjun Cibeurum, jika berjalan terus ke atas, pelancong juga dapat melihat Kawah Gunung Gede. Dari Puncak Gunung Gede, pelancong juga dapat menikmati indahnya matahari terbit dengan jelas. Hal ini tertulis dalam Illustrated tourist guide to Buitenzorg, the Preanger and Central Java (1913).

Asal Mula Puncak, Tempat Wisata Favorit Pelancong sejak Zaman Kolonial

Kawah Gunung Salak

Lokasi wisata lainnya adalah Kawah Gunung Salak. Illustrated tourist guide to Buitenzorg, the Preanger and Central Java juga menyebutkan bahwa untuk dapat menikmati pemandangan kawah butuh waktu hampir satu hari penuh dengan medan yang agak sulit. Dari Buitenzorg dapat menggunakan kereta api dan turun di Stasiun Cicurug. Dari stasiun perjalanan dilanjutkan menuju daerah Cidahu.

Sumber: bogorkab.go.id/sejarahbogor.com/skalacerita.com/diolah
(thm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4655 seconds (0.1#10.140)