Pelantikan Pemuda Tani HKTI DKI Jakarta, Rina Saadah: Pertanian Merupakan Sektor Penting Bagi Perekonomian

Kamis, 28 Oktober 2021 - 21:09 WIB
loading...
Pelantikan Pemuda Tani HKTI DKI Jakarta, Rina Saadah: Pertanian Merupakan Sektor Penting Bagi Perekonomian
DPD Pemuda Tani HKTI DKI Jakarta melantik kepengurusan masa khidmat 2021-2026 dan peringatan Sumpah Pemuda di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, pada Kamis, (28/10/2021). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dewan pimpinan wilayah (DPD) Pemuda Tani HKTI DKI Jakarta melantik kepengurusan masa khidmat 2021-2026 dan peringatan Sumpah Pemuda di Auditorium Kementerian Pertanian , Jakarta, pada Kamis, (28/10/21). Ketua Umum DPP Pemuda Tani HKTI Rina Saadah hadir dan memberikan sambutan tentang pentingnya sektor pertanian.

"Di tengah pandemi COVID-19 ini, terjadi banyak sekali pemberhentian kerja, PHK, yang pada akhirnya kehilangan pekerjaan dan menambah jumlah pengangguran dan kemiskinan. Sektor pertanian adalah sektor yang tangguh dengan segala badai yang melanda," ujarnya.

Untuk itu, Rina Saadah mengajak kaum muda untuk terjun ke dunia pertanian dan bersama-sama mengubah paradigma petani. "Di tengah kemajuan teknologi dan inovasi, ke depan pertanian adalah sektor pekerjaan yang sangat menjanjikan dan menjadi soko guru perekonomian bangsa,” pungkasnya.

Dalam pelantikan tersebut turut dihadiri jajaran pengurus DPP Pemuda Tani HKTI, Ketua DPD HKTI DKI Jakarta, dan seluruh ketua DPD Pemuda Tani HKTI se-Indonesia yang telah ada di 20 provinsi di Indonesia. (Baca juga; Jelang Musda Partai Demokrat Jakarta, Ketua Komisi A DPRD DKI Diusung 5 DPC )

Ketua DPD Pemuda Tani DKI Jakarta Aji Andika Mufti mengatakan, kedaulatan pangan menjadi tanggung jawab bersama anak bangsa. Pemuda tani sangat potensial untuk ikut berkontribusi dan berperan aktif dalam perjuangan mewujudkan kedaulatan pangan secara terintegrasi dan berkesinambungan.

"Salah satunya dengan peningkatan kapasitas produksi yang ramah lingkungan, dengan jaringan distribusi pasar lokal dan internasional baik BTG – BTB dan BTC dan akses permodalan yang terjangkau," katanya.

Lantas bagaimana peran Pemuda Tani DKI Jakarta, apa yang bisa dilakukan dengan keterbatasan lahan untuk bercocok tanam di Jakarta. Menurut dia, bertani di Jakarta sama seperti di perdesaan bukan masalah.

Dengan perkembangan teknolog pertanian, pertanian urban dapat berupa pertanian vertikal, hidroponik, atau akuaponik. Di negara kecil seperti Singapura, Sky Greens menjadi perusahaan yang berhasil menerapkan pertanian vertikal.

"Sedangkan akuaponik dalam ruangan, telah dikembangkan di Chicago, Amerika Serikat. Produksinya diklaim mencapai 15 kali lebih banyak dibandingkan pertanian tradisional," bebernya. (Baca juga; Forum Lintas Ormas DKI Dikukuhkan, Wagub Ariza: Bantu Jaga Stabilitas Jakarta )

Pemuda Tani DKI Jakarta juga bisa menjadi hub pemasaran hasil produksi pertanian nasional. Artinya sebagai penghubung produksi pertanian Pemuda Tani HKTI di Daerah lain dengan pihak dunia usaha dan dunia industri.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6015 seconds (0.1#10.140)