Forum Lintas Ormas DKI Dikukuhkan, Wagub Ariza: Bantu Jaga Stabilitas Jakarta

Rabu, 27 Oktober 2021 - 21:13 WIB
Forum Lintas Ormas DKI Dikukuhkan, Wagub Ariza: Bantu Jaga Stabilitas Jakarta
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) menghadiri deklarasi dan pengukuhan pengurus Forum Lintas Ormas (FLO) DKI Jakarta, Rabu (27/10/2021).
A A A
JAKARTA - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) menghadiri deklarasi dan pengukuhan pengurus Forum Lintas Ormas (FLO) DKI Jakarta, Rabu (27/10/2021). Dalam kesempatan itu Ariza mengajak seluruh ormas berkomitmen menjaga stabilitas Ibu Kota DKI Jakarta.

"Di sini lah peran ormas untuk berkolaborasi dengan pemerintah, antara lain menjaga stabilitas kota agar berbagai sektor dan dunia usaha dapat menjalankan aktivitasnya. Sekali lagi, para pengurus ormas harus menjadi pioner pada barisan terdepan bagi perubahan Jakarta dan Indonesia di berbagai bidang. Kita harus mampu mengembalikan rasa pesimis itu menjadi optimis," ujar Ariza.

Baca juga: Buruh Minta UMP DKI Rp5,3 Juta, Wagub Ariza: Situasi Masih Sulit, Keputusannya Harus Adil

Ariza mengatakan, kini ormas dituntut memiliki kemampuan kemandirian yang kuat, agar mampu melakukan pencerahan, penyadaran, dan memberikan teladan kepada masyarakat. Apalagi di tengah pandemi ini, Ariza berharap partisipasi ormas yang terbentuk dalam wadah FLO DKI Jakarta, menjadi contoh terdepan dan senantiasa menyosialisasikan pentingnya berpegang teguh pada disiplin protokol kesehatan dalam setiap aktivitas.

"Kita bersama memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, serta tidak menciptakan dan menjauhi kerumunan. Mari terus kita saling mengingatkan, menguatkan satu dengan lainnya agar kita dapat melalui pandemi Covid-19 dengan sehat," ucapnya.





Lebih lanjut Ariza berharap agar ormas-ormas di Jakarta dapat berkolaborasi bersama pemerintah dalam menangkal hadirnya penyebaran informasi hoaks atau pemberitaan rekayasa yang marak terjadi di masyarakat. Di antaranya hoaks terkait Covid-19, vaksinasi, dan sebagainya.

Baca juga: 4 Kasus Bentrok Ormas Vs Debt Collector, Nomor 2 dan 3 Ada Korban Luka di Kedua Pihak

"Penyebaran informasi hoaks dan pemberitaan palsu di media sosial sangat marak, sehingga berdampak negatif bagi masyarakat. Berpotensi menimbulkan pemicu konflik kekerasan, kebingungan, rasa tidak aman, dan menyebabkan konflik SARA," tandasnya.

Oleh sebab itu, Ariza berpesan agar ormas-ormas yang terhimpun dalam FLO DKI Jakarta terus meningkatkan silaturahmi untuk terus memupuk dan memantapkan kesadaran terhadap nilai-nilai semangat kebersamaan, kebangsaan, dan semangat solidaritas tanpa membedakan SARA dan status sosial.

Ariza juga berharap FLO yang menjadi wadah ormas-ormas dari berbagai latar belakang, dapat mewujudkan komitmen untuk menghadirkan rasa aman, damai dan kondusif untuk Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia secara keseluruhan. Ia menilai, peran ormas sangat penting sebagai salah satu realisasi dari kebebasan untuk berserikat dan berkumpul, namun harus ada batasannya.

"Tidak mudah menyatukan visi-misi dari berbagai ormas yang beragam latar belakangnya. Namun saya yakin dengan semangat kebersamaan, keguyuban dan cita-cita bersama untuk mewujudkan Jakarta yang kondusif, Insya Allah akan solid, tangguh dan berkembang. Ormas pun diharapkan berperan dalam merespons persoalan bangsa dan mengembangkan kader-kader bangsa yang berkualitas, berwawasan kebangsaan, kreatif dan mandiri. Sehingga mampu meneruskan pembangunan demi masa depan generasi yang lebih baik," tutupnya.
(thm)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2240 seconds (11.252#12.26)