Aksi Paspampres Mulai dari Tarik Gibran, Tendang Pengendara Moge hingga Hadang Anies

Kamis, 15 Juli 2021 - 05:30 WIB
loading...
Aksi Paspampres Mulai dari Tarik Gibran, Tendang Pengendara Moge hingga Hadang Anies
Anggota Paspampres. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pasukan Pengamanan Presiden ( Paspampres ) terus menjadi pembicaraan publik ketika Praka Izroi Gajah, anggota Paspampres yang bersitegang dengan petugas di pos penyekatan PPKM Darurat Jakarta Barat. Usut punya usut, Praka Izroi ternyata pengawal pribadi Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin.

Sikap Paspampres di hadapan publik sebenarnya bukan cuma Praka Izroi saja, banyak anggota Paspampres yang menunjukkan aksi ketenangan, kelihaian, dan kesigapan saat mengawal Presiden Joko Widodo (Jokowi) maupun Wapres.
Baca juga: Praka Izroi Paspampres yang Bersitegang di Pos PPKM Jakbar, Berikut Jenjang Pangkat di TNI

Berikut aksi-aksi Paspampres yang berhasil dihimpun SINDOnews dari berbagai sumber, Kamis (15/7/2021).

Diutus Ibu Iriana Rapihkan Rambut Jokowi
Saat menghadiri Temu Kangen Presiden RI dan Ibu Negara di Singapura, Presiden Jokowi dibisikkan anggota Paspampres. Paspampres itu diutus oleh Ibu Iriana untuk memberitahukan kepada Jokowi supaya merapihkan rambutnya.

“Dibisikin tadi, Pak rambutnya dibetulkan,” kata Jokowi yang disambut tawa para tamu undangan di KBRI Singapura, Kamis (7/9/2017).

Sebelum mengutus Paspampres, Ibu Iriana sempat meminta pengawal presiden menulis di secarik kertas dan menitipkan pesan ke Presiden. Namun, Jokowi hanya menyelipkan kertas kuning itu di lembaran pidatonya. Tak berselang lama, Iriana menulis sendiri pesannya di secarik kertas yang ukurannya lebih besar. Kertas itu lalu disampaikan ke pengawal dan akhirnya pengawal membisikkan pesan Ibu Negara kepada Presiden.

Hadang Anies Baswedan di Piala Presiden 2018
Anggota Paspampres menghadang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang ingin ikut rombongan Presiden Jokowi dalam pemberian Piala Presiden 2018 kepada sang juara Persija Jakarta di SUGBK Senayan, Jakarta, Sabtu (17/2/2018).
Aksi Paspampres Mulai dari Tarik Gibran, Tendang Pengendara Moge hingga Hadang Anies

Seorang anggota Paspampres mencegah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedanyang ingin ikut rombongan Presiden Jokowi dalam pemberian Piala Presiden 2018 kepada sang juara Persija Jakarta di SUGBK Senayan, Jakarta, Sabtu (17/2/2018). Foto: Ist

Atas kejadian ini, pihak Istana angkat bicara. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudi mengatakan, tindakan tersebut merupakan prosedur pengamanan karena Paspampres berpegang pada daftar nama pendamping Presiden yang disiapkan panitia.

"Paspampres hanya mempersilakan nama-nama yang disebutkan oleh pembawa acara untuk turut mendampingi Presiden Jokowi," ujar Bey melalui keterangan tertulisnya, Minggu (18/2/2018).

Menurut dia, acara tersebut bukan acara kenegaraan, maka panitia tidak mengikuti ketentuan protokoler kenegaraan mengenai tata cara pendampingan Presiden oleh kepala daerah. Dia juga menegaskan tidak ada arahan dari Presiden kepada Paspampres untuk mencegah Anies.
Baca juga: Paspampres Praka Izroi: Tidak Ada Prajurit Jago, yang Ada Prajurit Terlatih
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)