Praka Izroi Paspampres yang Bersitegang di Pos PPKM Jakbar, Berikut Jenjang Pangkat di TNI

Selasa, 13 Juli 2021 - 16:04 WIB
loading...
Praka Izroi Paspampres yang Bersitegang di Pos PPKM Jakbar, Berikut Jenjang Pangkat di TNI
Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Masih ingat dengan Praka Izroi Gajah, anggota Paspampres yang bersitegang dengan petugas di pos penyekatan PPKM Darurat Jakarta Barat. Ternyata Praka Izroi adalah pengawal pribadi Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin.

"Iya betul, pengawal pribadi atau Walpri (Ma'ruf Amin)," kata Danpaspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, Sabtu (10/7/2021).
Baca juga: Paspampres Praka Izroi: Tidak Ada Prajurit Jago, yang Ada Prajurit Terlatih

Nah, kali ini SINDOnews bukan ingin mengupas sosok Praka Izroi melainkan mengingat kembali jenjang kepangkatan di TNI. Berikut urutan kepangkatan TNI dari tiga matra yakni TNI AD , TNI AL , dan TNI AU :

TNI AD
Urutan pangkat TNI AD dibagi menjadi 8 taraf, dari yang tertinggi sampai yang terendah yaitu Perwira Tinggi Kehormatan, Perwira Tinggi, Perwira Menengah, Perwira Pertama, Bintara Tinggi, Bintara, Tamtama Kepala, Tamtama.

Perwira Tinggi Kehormatan hanya terdapat Jenderal Besar. Dalam taraf Perwira Tinggi terdapat Jenderal, Letnan Jenderal, Mayor Jenderal, dan Brigadir Jenderal. Dalam taraf Perwira Menengah terdapat Kolonel, Letnan Kolonel, dan Mayor. Dalam taraf Perwira Pertama terdapat Kapten, Letnan Satu, dan Letnan Dua.

Untuk Bintara Tinggi terdapat Pembantu Letnan Satu dan Pembantu Letnan Dua. Dalam taraf Bintara terdapat Sersan Mayor, Sersan Kepala, Sersan Satu, dan Sersan Dua. Dalam taraf Tamtama Kepala terdapat Kopral Kepala, Kopral Satu, dan Kopral Dua. Sedangkan, Tamtama terdapat Prajurit Kepala, Prajurit Satu, dan Prajurit Dua.

TNI AL
Urutan pangkat TNI AL dibagi menjadi delapan taraf, dari yang tertinggi sampai yang terendah yaitu Perwira Tinggi Kehormatan, Perwira Tinggi, Perwira Menengah, Perwira Pertama, Bintara Tinggi, Bintara, Tamtama Kepala, dan Tamtama.

Perwira Tinggi Kehormatan terdapat Laksamana Besar. Dalam taraf Perwira Tinggi terdapat Laksamana, Laksamana Madya, Laksamana Muda, Laksamana Pertama. Dalam taraf Perwira Menengah terdapat Kolonel, Letnan Kolonel, Mayor. Dalam taraf Perwira Pertama terdapat Kapten, Letnan Satu, Letnan Dua.

Dalam taraf Bintara Tinggi terdapat Pembantu Letnan Satu dan Pembantu Letnan Dua. Dalam taraf Bintara terdapat Sersan Mayor, Sersan Kepala, Sersan Satu, Sersan Dua. Taraf Tamtama Kepala terdapat Kopral Kepala, Kopral Satu, Kopral Dua. Sedangkan, Tamtama terdapat Kelasi Kepala, Kelasi Satu, Kelasi Dua.
Baca juga: Gagahnya Praka Izroi Paspampres yang Adu Mulut dengan Polisi saat Berseragam TNI AD

TNI AU
Urutan pangkat TNI AU dibagi menjadi delapan taraf, dari yang tertinggi sampai yang terendah yaitu Perwira Tinggi Kehormatan, Perwira Tinggi, Perwira Menengah, Perwira Pertama, Bintara Tinggi, Bintara, Tamtama Kepala, dan Tamtama.

Dalam taraf Perwira Tinggi Kehormatan terdapat Marsekal Besar. Dalam taraf Perwira Tinggi terdapat Marsekal, Marsekal Madya, Marsekal Muda, dan Marsekal Pertama. Dalam taraf Perwira Menengah terdapat Kolonel, Letnan Kolonel, dan Mayor. Dalam taraf Perwira Pertama terdapat Kapten, Letnan Satu, dan Letnan Dua.

Dalam taraf Bintara Tinggi terdapat Pembantu Letnan Satu dan Pembantu Letnan Dua. Dalam pangkat TNI AU taraf Bintara terdapat Sersan Mayor, Sersan Kepala, Sersan Satu, dan Sersan Dua. Dalam taraf Tamtama Kepala terdapat Kopral Kepala, Kopral Satu, dan Kopral Dua. Sedangkan, dalam taraf Tamtama terdapat Prajurit Kepala, Prajurit Satu, dan Prajurit Dua.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0927 seconds (0.1#10.140)