Dinamika Jelang Pilkada Jakarta: Ridwan Kamil-Suswono Didukung 12 Parpol, Anies Merapat ke PDIP

Minggu, 25 Agustus 2024 - 22:49 WIB
loading...
A A A
Untuk mengusulkan calon bupati dan calon wakil bupati serta calon wali kota dan calon wakil wali kota:

Kabupaten/kota dengan jumlah penduduk yang termuat pada daftar pemilih tetap sampai dengan 250.000 (dua ratus lima puluh ribu) jiwa, partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu harus memeroleh suara sah paling sedikit 10% (sepuluh persen) di kabupaten/kota tersebut;

Kabupaten/kota dengan jumlah penduduk yang termuat pada daftar pemilih tetap lebih dari 250.000 (dua ratus lima puluh ribu) sampai dengan 500.000 (lima ratus ribu) jiwa, partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu harus memeroleh suara sah paling sedikit 8,5% (delapan setengah persen) di kabupaten/kota tersebut;

Kabupaten/kota dengan jumlah penduduk yang termuat pada daftar pemilih tetap lebih dari 500.000 (lima ratus ribu) sampai dengan 1.000.000 (satu juta) jiwa, partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu harus memeroleh suara sah paling sedikit 7,5% (tujuh setengah persen) di kabupaten/kota tersebut;

Kabupaten/kota dengan jumlah penduduk yang termuat pada daftar pemilih tetap lebih dari 1.000.000 (satu juta) jiwa, partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu harus memeroleh suara sah paling sedikit 6,5% (enam setengah persen) di kabupaten/kota tersebut.



Dengan putusan tersebut di atas, PDIP yang memiliki sekitar 14 persen suara sah pada Pemilu Legislatif 2024 di DKI Jakarta, berhak mengusung calon. Meski sempat dianulir Badan Legislasi (Baleg) DPR, putusan MK tersebut akhirnya yang akan menjadi acuan bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menerima pendaftaran pasangan calon kepala daerah.

Ketua KPU DKI Jakarta Wahyu Dinata mengatakan, partai politik atau gabungan partai politik yang berhak mengajukan pasangan calon paling sedikit memiliki sebanyak 454.885 suara sah. PDIP jauh melampaui angka tersebut dan berhak mengajukan pasangan calon.

Anies Baswedan, yang sementara ini unggul di sejumlah survei, mengunjungi Kantor DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di kawasan Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (24/8/2024) siang. Anies datang ditemani Sahrin Hamid dan Tom Lembong.

Kedatangan Anies langsung disambut Wakil Sekretaris Bidang Internal DPD PDIP DKI Bambang Mujiono dan seluruh petinggi laonnya. "Selamat datang Pak Anies," ucap Bambang yang langsung disambut salam dan pelukan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)