Ratusan Demonstran RUU Pilkada Ditangkap, Polisi: Sudah Ada yang Dipulangkan

Jum'at, 23 Agustus 2024 - 18:32 WIB
loading...
Ratusan Demonstran RUU...
Aksi unjuk rasa penolakan RUU Pilkada di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, pada Kamis 23 Agustus 2024. Foto/SINDOnews/Isra Triansyah
A A A
JAKARTA - Sebanyak 310 orang demonstran diamankan Polda Metro Jaya saat aksi unjuk rasa penolakan RUU Pilkada di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, pada Kamis 23 Agustus 2024. Sejumlah orang telah dipulangkan kembali.

"Jadi untuk yang di Jakarta Barat, itu semuanya sudah selesai, 105 ya. Untuk yang di Polda (Metro Jaya) itu tujuh yang sudah dipulangkan dari 50," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan, Jumat (23/8/2024).

Lebih lanjut dia mengatakan, selain mahasiswa terdapat beberapa masa yang masih berada di bawah umur. "Tujuh itu enam anak dan satu wanita. Berarti 43 masih dilakukan pendalaman ya," sambungnya.



Rincian dari ratusan orang diamankan dari aksi unjuk rasa kemarin yakni sebanyak 50 orang di Polda Metro, 143 orang di Polres Metro Jakarta Timur, tiga orang di Polres Metro Jakarta Pusat, dan 105 orang di Polres Metro Jakarta Barat.

"Kemudian yang di Jakarta Timur, 143, dan Jakarta Pusat ini masih dilakukan pendalaman. Nanti kami update lagi ya," jelasnya.

Ade Ary menjelaskan, pihak-pihak yang diamankan dari aksi unjuk rasa kemarin lantaran diduga mengganggu ketertiban umum seperti diduga melakukan perusakan, diduga tidak mengindahkan peringatan dari petugas di lapangan, hingga ada yang diduga melakukan kekerasan terhadap petugas.

“Sehingga sejak kemarin setelah diamankan 301 orang ini, dilakukan pengambilan keterangan, dilakukan pendalaman identitasnya, kemudian apa saja yang dilakukan dalam proses kegiatan penyampaian aspirasi tersebut,” paparnya.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1334 seconds (0.1#10.140)