Mahasiswi UI Mengalami Pelecehan Seksual di Bus Kuning, Begini Respons Kampus

Rabu, 06 Desember 2023 - 09:37 WIB
loading...
Mahasiswi UI Mengalami Pelecehan Seksual di Bus Kuning, Begini Respons Kampus
Seorang mahasiswi Universitas Indonesia (UI) diduga mengalami pelecehan seksual di bus kuning atau yang biasa disebut Bis Kuning (Bikun). Foto: SINDOnews/Dok
A A A
DEPOK - Seorang mahasiswi Universitas Indonesia (UI) diduga mengalami pelecehan seksual di bus kuning atau yang biasa disebut Bis Kuning (Bikun). Bus ini biasanya melintasi area dalam kampus UI Depok.

Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI Amelita Lusia membenarkan adanya informasi kejadian dugaan pelecehan seksual yang dialami seorang mahasiswi UI di Bikun tersebut.

"Minggu lalu kami mendapat info adanya postingan di sosmed yg menyebutkan seseorang mengalami pelecehan seks di Bikun," ujar Amel kepada MNC Portal, Rabu (6/12/2023).

Atas kejadian itu, ia meminta seluruh civitas akademika atau tamu jika mencurigai ada tindakan mengarah ke pelecehan seksual di Bikun, segera melapor ke petugas PLK terdekat. UI juga menyediakan Satgas PPKS untuk menindaklanjuti masalah pelecehan seksual.

"Selain itu, jika ada yang melihat atau mengalami hal yang termasuk kategori pelecehan seksual di kawasan UI, dapat menyampaikannya kepada satgas PPKS di nomor kontak yang sudah dipublikasikan melalui saluran komunikasi kami," katanya.

Sebelumnya, laman X @chonlays menarasikan postingan dengan foto perempuan di sensor bersama seorang pria berjaket hitam berambut kemerahan dengan caption "Pelecehan seksual di Bikun UI".

Amel menjelaskan, Bikun merupakan layanan gratis transportasi intrakampus di UI rutin melayani jalur di dalam kampus mulai pukul 07.00-21.00 WIB dan bisa ditumpangi mereka yang berada di dalam area kampus, memasuki/keluar kawasan kampus.

"Butuh kesadaran dari penumpang untuk bersama-sama menjaga kenyamanan dan keamanan bersama. Kami, melalui Pengamanan Lingkungan Kampus (PLK) UI sedang melakukan pengumpulan informasi," tuturnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)