Jelang Pemilu 2024, Aktivitas Parpol Pacu Ekonomi Jakarta

Selasa, 08 Agustus 2023 - 02:33 WIB
loading...
Jelang Pemilu 2024, Aktivitas Parpol Pacu Ekonomi Jakarta
Kendati Pemilu 2024 masih menyisakan beberapa bulan lagi, namun aktivitas parpol sudah digencarkan. Hal ini berdampak positif bagi ekonomi Jakarta. Foto: llustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kendati Pemilu 2024 masih menyisakan beberapa bulan lagi, namun aktivitas partai politik (parpol) sudah digencarkan. Hal ini berdampak positif bagi ekonomi Jakarta yang semakin menggeliat.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta Arlyana Abubakar membenarkan adanya dampak dari aktivitas partai politik dan keagaman terhadap kinerja konsumsi Lembaga Non Profit yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT).

“Ini tumbuh tinggi sebesar 9,53% (YoY) sehingga turut memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta sebesar 0,21%,” kata Arlyana dalam siaran persnya, Senin (7/8/2023).

Menurut Arlyana catatan demikian didapat dari rilis Badan Pusat Statistik (BPS). Bahkan lembaga itu mencatat perekonomian DKI Jakarta dengan pangsa 16,83% terhadap nasional, pada triwulan II 2023 tumbuh sebesar 5,13% (YoY), lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya, yaknu 4,95% (YoY).


“Meningkatnya pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta pada triwulan II 2023 didorong oleh meningkatnya mobilitas masyarakat pada HBKN Idulfitri dan Iduladha serta penyelenggaraan berbagai event, baik skala nasional maupun internasional,” terangnya.

Selain itu dari sisi permintaan, pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta terutama bersumber dari kinerja konsumsi rumah tangga, investasi, dan konsumsi pemerintah.

Sementara itu dari sisi Lapangan Usaha (LU), pertumbuhan terutama bersumber dari LU Informasi dan Komunikasi (Infokom), LU Perdagangan, serta LU Jasa Perusahaan.

Sedangkan dari permintaan, konsumsi rumah tangga melanjutkan pertumbuhan yang positif sebesar 5,26% (YoY), lebih tinggi dari triwulan lalu (4,18% YoY), sehingga memberikan kontribusi sebesar 3,10% terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) DKI Jakarta.

“Pertumbuhan yang positif tersebut tercermin dari peningkatan penjualan mobil, impor barang konsumsi, indeks perdagangan ritel serta peningkatan konsumsi terutama pada kelompok hotel dan restoran,” tambahnya.

Tentunya, peningkatan konsumsi Rumah Tangga (RT) juga didukung oleh pemberian tunjangan hari raya (THR) dalam rangka Idulfitri. Selanjutnya, kinerja investasi pada triwulan II 2023 tumbuh 4,22% sehingga memberikan andil sebesar 1,54%.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0903 seconds (0.1#10.140)