Jokowi Dikabarkan Bakal Jajal LRT Jabodebek Tanpa Masinis Pekan Depan

Jum'at, 07 Juli 2023 - 07:51 WIB
loading...
Jokowi Dikabarkan Bakal Jajal LRT Jabodebek Tanpa Masinis Pekan Depan
Presiden Joko Widodo dikabarkan bakal menjajal kereta LRT Jabodebek tanpa masinisi pekan depan. Foto/MPI/Aldhi Chandra Setiawan
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo dikabarkan bakal menjajal kereta Light Rail Transit (LRT) Jabodebek pekan depan. LRT Jabodebek ini akan diuji coba untuk masyarakat umum pada 12 Juli 2023 mendatang.

Berdasarkan informasi yang diterima MPI, Jokowi akan menjajal LRT Jabodebek pada Selasa, 11 Juli 2023 mendatang bersama sejumlah menteri dan pejabat terkait.

Jokowi rencananya akan naik dari Stasiun Dukuh Atas yang merupakan stasiun awal dan akhir dua rute perjalanan LRT Jabodebek.

Kedua rute tersebut adalah Dukuh Atas-Jatimulya Bekasi PP dan Dukuh Atas-Harjamukti Depok PP. Stasiun LRT Dukuh Atas juga menjadi titik integrasi antarmoda dengan KRL Commuter Line dan MRT.

Antara Stasiun LRT Dukuh Atas dan Stasiun Commuter Line Sudirman, Stasiun MRT Dukuh Atas serta halte Transjakarta terdapat sky bridge sebagai penghubung.

Perjalanan Jokowi menaiki kereta yang melaju tanpa masinis ini akan berakhir di Stasiun Halim. Stasiun Halim pun terintegrasi dengan Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) di sebelahnya.

LRT Jabodebek dan KCJB dijadwalkan mulai beroperasi untuk umum pada 18 Agustus 2023.


Saat dikonfirmasi, Manajer Public Relations KAI Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo mengatakan, telah mendengar kabar tersebut namun hingga kini belum ada kepastian resmi dari pihak Istana.

“Yang jelas, kami terus menyiapkan segala sesuatunya secara maksimal menjelang peresmian operasional. Uji coba atau trial run kami lakukan setiap hari untuk kereta dan lintasan," katanya saat ditemui di Depo LRT Jabodebek Jatimulya, Bekasi, Kamis (6/7/2023).

Menurut Kuswardojo, fasilitas lainnya pun seperti semua stasiun hingga aspek teknologi terus dioptimalkan agar benar-benar siap 100 persen saat dioperasikan untuk umum.

Diberitakan sebelumnya, mulai tanggal 12 Juli hingga 15 Agustus 2023, LRT Jabodebek akan melakukan uji coba secara terbatas untuk penumpang umum. Masyarakat dapat mengikutinya dengan cara mendaftar terlebih dulu melalui akun media sosial LRT Jabodebek mulai 10 Juli 2023. Pada uji coba itu nantinya akan ditetapkan tarif sebesar Rp1 per penumpang.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)