Polisi Diminta Segera Proses Dugaan Penistaan Agama Pendeta Gilbert

Selasa, 30 April 2024 - 21:10 WIB
loading...
Polisi Diminta Segera Proses Dugaan Penistaan Agama Pendeta Gilbert
Ketua Umum PITI, Ipong Hembing Putra berharap agar perbuatan Pendeta Gilbert Lumoindong yang diduga telah melakukan penistaan agama diberikan hukuman tegas. Foto/IG Gilbert Lumoindong
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Persaudaraan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) , Ipong Hembing Putra berharap agar perbuatan Pendeta Gilbert Lumoindong yang diduga telah melakukan penistaan agama diberikan hukuman tegas. Pihaknya mengutuk pernyataan Gilbert dalam video ceramah telah melanggar batas sensitivitas antaragama.

"Kami minta Polda Metro Jaya agar menangkap Pendeta Gilbert, khotbahnya sudah keterlaluan," ujar Ipong dalam pernyataannya pada Selasa (30/4/2024).



Ipong telah melaporkan Pendeta Gilbert ke Polda Metro dengan nomor LP/B/2223/IV/2024/SPKT Polda Metro Jaya, yang mengacu pada Pasal 156 a KUHP tentang Tindak Pidana Penistaan Agama. Lebih lanjut, Ipong menyerukan jika perbuatan itu sudah memenuhi unsur Pasal 156 a KUHP agar pihak berwenang segera bertindak sesuai hukum untuk mencegah kejadian serupa terulang di masa mendatang.

"Meminta Kapolda segera tangkap dan tahan pendeta tersebut agar ke depan pendeta lain tidak melakukan hal tersebut terulang lagi," katanya.

Sebelumnya, Pendeta Gilbert dikabarkan segera diperiksa polisi. Namun Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi tidak merinci waktu pemeriksaan terhadap Penderita Gilbert yang diduga pelaku penodaan agama.

"Minggu ini (Pendeta Gilbert dipanggil)," kata Ade Ary saat dikonfirmasi awak media.



Ade Ary mengatakan saat ini dugaan penodaan agama masih dalam tahap penyelidikan. Menurut dia, saat ini pihaknya tengah melakukan pengusutan mendalam terhadap penanganan kasus dugaan penodaan agama tersebut.

"Kami masih dalam tahap penyidikan untuk mengklarifikasi saksi, mengumpulkan bukti dan petunjuk," katanya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1697 seconds (0.1#10.140)