Car Free Day Kembali Diadakan di Jalan Sudirman-Thamrin Minggu Besok

Sabtu, 06 Mei 2023 - 14:32 WIB
loading...
Car Free Day Kembali Diadakan di Jalan Sudirman-Thamrin Minggu Besok
Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) tingkat provinsi DKI Jakarta kembali diadakan di Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin, Minggu (7/5/2023). Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) tingkat provinsi DKI Jakarta kembali diadakan di Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin , Minggu (7/5/2023). CFD sempat ditiadakan sehubungan dengan libur Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

"Benar, besok HBKB tingkat Provinsi diadakan kembali di Jalan Sudirman-Thamrin pukul 06.00-10.00 WIB," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi, Sabtu (6/5/2023).

Untuk tingkat kota, kata Syafrin, Pemkot Jakarta Selatan pada Minggu besok juga akan mengadakan CFD di Jalan Sisingamangaraja. Untuk wilayah lain sejauh ini belum terkonfirmasi apakah besok akan mengadakan CFD.


Pemprov DKI Jakarta sebelumnya meniadakan Car Free Day pada Minggu tanggal 23 dan 30 April 2023. Hal itu lantaran bertepatan dengan Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah dan arus balik Lebaran 2023.

Sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor Pasal 5 ayat (1), bahwa HBKB dapat dibatalkan jika pada waktu yang bersamaan juga dilaksanakan kegiatan/event yang bersifat khusus (nasional/internasional). Dimana kegiatan/event tersebut memerlukan suatu pengaturan laIu lintas dan pengamanan yang bersifat khusus.


Peniadaan HBKB pada tanggal tersebut juga merupakan implementasi dari Keputusan Bersama Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Direktur Jenderal Bina Marga Tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan Serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran Tahun 2023/1444 Hijriah.

Pada tanggal 30 April 2023 seharusnya dijadwalkan HBKB di tingkat wilayah Kota Jakarta Timur, yakni Jalan Pemuda-Simpang Arion sampai dengan Simpang TU-GAS. Namun untuk Minggu besok belum ada konfirmasi terkait pelaksanaan CFD di wilayah Jakarta Timur.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1870 seconds (0.1#10.140)