4 Nama Wilayah di Jakarta Kata Depannya Tanah, Nomor Buncit Makam Wapres Pertama RI

Sabtu, 25 Maret 2023 - 06:45 WIB
loading...
A A A
Bahkan pada 2021 lalu, Anies Baswedan saat menjabat Gubernur DKI Jakarta menerbitkan IMB (izin mendirikan bangunan) bagi kawasan tersebut.

4. Tanah Kusir

Mendengar nama Tanah Kusir, yang segera terbayang adalah TPU Tanah Kusir yang berlokasi di Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

TPU ini cukup terkenal lantaran menjadi tempat peristirahatan terakhir sejumlah tokoh Tanah Air. Salah satunya adalah makam Wakil Presiden RI pertama, Mohammad Hatta. Ada kisah yang berkembang di tengah masyarakat di balik terciptanya nama Tanah Kusir.

Dalam bukunya berjudul 212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe (2012), Zaenuddin HM menuliskan bahwa nama tersebut bermula dari sebuah kejadian yang melibatkan seorang tuan tanah keturunan Tionghoa.

Di sebuah acara yang diadakannya, sang tuan tanah buang angin alias kentut dengan bunyi yang cukup keras dan mengeluarkan aroma tak sedap. Jelas saja, timbul kehebohan di antara para tamu.

Menyadari itu, sang tuan tanah menunjuk kusirnya yang sedang berada dekat dengannya, sebagai sumber bau tersebut. Dengan pasrah, si kusir terpaksa mengakui bahwa dirinyalah yang telah buang angin.

Karena telah menyelamatkan harga dirinya, sang tuan tanah memberi sebidang tanah kepada kusirnya itu sebagai balas jasa. Tanah itu kemudian dikenal dengan Tanah Kusir.
(ams)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1869 seconds (0.1#10.140)