Kebakaran di Petojo Selatan Hanguskan 87 Bangunan, 340 Warga Terdampak

Senin, 27 Februari 2023 - 12:46 WIB
loading...
Kebakaran di Petojo Selatan Hanguskan 87 Bangunan, 340 Warga Terdampak
Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma saat meninjau lokasi kebakaran yang melanda permukiman padat penduduk di Petojo Selatan, Gambir, Senin (27/2/2023). Foto: MPI/Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Kebakaran hebat yang melanda permukiman padat penduduk di Jalan Abdul Muis, Tanah Abang V, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, menghanguskan puluhan bangunan semipermanen. Ratusan warga kini mengungsi.

"Ada sekitar 87 bangunan (terbakar). Kemudian ada 113 KK yang terdampak dan jumlah jiwanya 340-an," ujar Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma saat meninjau lokasi kebakaran, Senin (27/2/2023).

Dhany memastikan area terdampak sudah rata dengan tanah. Untuk itu, Pemkot Jakpus akan mengidentifikasi lebih lanjut tempat tinggal warga terdampak kebakaran.



"Pada hari ini kita mau memastikan, ternyata memang area terdampak ini sudah rata dan dirapihkan serta mungkin ada barang berharga yang dapat diambil," ucapnya.

Dhany juga memastikan bantuan kebutuhan makanan telah disalurkan kepada warga terdampak kebakaran.

"Kita akan penuhi kebutuhan makannya tiga hari sekali untuk jangka waktu yang tidak terlalu lama, sambil kita identifikasi tempat tinggal tetap mereka dimana," ucapnya.



Menurut Dany, kebanyakan warga yang terdampak kebakaran hanya penyewa atau mengontrak. "Jadi dalam sisi kemanusiaan terpenuhi untuk makannya. Tadi pagi sudah dipenuhi kurang lebih 350 kotak nasi untuk mereka," tuturnya.



Pantauan di lokasi, sejumlah warga masih berusaha mengambil barang yang tersisa dan bisa dijadikan uang. Bantuan logistik dan makanan siap saji pun silih berganti masuk ke lokasi pengungsian.

Kasi Pemerintahan Kelurahan Petojo Selatan Hikmah Widiyanti menyebutkan, saat terdapat lima titik lokasi pengungsian sementara yang diperuntukkan bagi warga terdampak.

Kelima lima pengungsian itu yakni di Kantor Pos RW 07, Pos Amphibi RW 07, Kantor Kelurahan Petojo Selatan, Kantor Kelurahan Gambir, dan tenda di lokasi kebakaran
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2583 seconds (0.1#10.140)