Kurangi Pencemaran Udara Jakarta, Karyawan Pabrik Ini Ramai-ramai Uji Emisi Kendaraan

Jum'at, 24 Februari 2023 - 15:55 WIB
loading...
Kurangi Pencemaran Udara Jakarta, Karyawan Pabrik Ini Ramai-ramai Uji Emisi Kendaraan
Dinas LH DKI menggelar uji emisi kendaraan karyawan di pabrik Nutricia Indonesia Sejahtera, Jalan Raya Jakarta-Bogor, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - DKI Jakarta terus mendorong uji emisi kendaraan untuk menciptakan lingkungan yang sehat. Sebab, emisi kendaraan berkontribusi hingga 70% terhadap pencemaran udara di Jakarta.

Sebagai bentuk dukungan perusahaan kepada pemerintah dalam rangka mengendalikan kualitas udara, khususnya di Jakarta, Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI menggelar uji emisi kendaraan karyawan di pabrik Nutricia Indonesia Sejahtera, Jalan Raya Jakarta-Bogor, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Uji emisi kendaraan merupakan salah satu upaya pengujian agar dapat mengetahui performa mesin dan juga tingkat efisiensi pembakaran suatu mesin kendaraan.


Factory Director Danone SN Indonesia (Nutricia) Arif Sosiawan mengatakan, uji emisi ini dilakukan agar senantiasa patuh dengan regulasi yang sudah tertuang di Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 66 tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

"Kami juga sadar bahwa kesehatan dari masyarakat serta kesehatan dari planet kita memiliki keterkaitan. Hal ini yang menjadi dasar kami dalam beroperasi agar senantiasa efektif dan efisien, sehingga keberlangsungan dari pabrik ini dan lingkungan sekitar dapat terjaga," ujar Arif dalam keterangan tertulis, Jumat (24/2/2023).

Pada kegiatan ini sebanyak 141 kendaraan telah melalui tahapan uji emisi. Proses tersebut dilakukan pada kendaraan motor dan mobil yang berbahan bakar bensin maupun solar. Dengan menggunakan alat Automotive Gas Analyzer, sebanyak 141 kendaraan di Pabrik Nutricia tersebut dinyatakan lulus syarat uji emisi oleh DLH DKI Jakarta.



Kepala Seksi Penanggulangan Pencemaran Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Tiana Brotoadi mengungkapkan, emisi merupakan bentuk limbah yang sama sekali tidak terlihat namun dapat berpengaruh terhadap kesehatan. Untuk itu, ia berharap ke depannya seluruh industri dapat melakukan uji emisi seperti yang telah dilakukan terhadap kendaraan karyawan pabrik Nutricia Indonesia Sejahtera.

“Kami berterima kasih atas undangan dalam pelaksanaan uji emisi kendaraan di pabrik PT Nutricia Indonesia Sejahtera. Saya melihat bisnis yang dijalankan oleh Danone bergerak menyiapkan makanan yang sehat untuk anak agar tumbuh sehat. Di sini saya berpikir kalau kita sudah lahir untuk sehat, namun tidak disertai dengan udara yang bersih merupakan hal yang percuma," tandasnya.

Melalui uji emisi kendaraan, ia berharap dapat memberikan kontribusi terhadap pengendalian pencemaran udara dan mendukung program pemerintah dalam hal pengurangan jejak karbon di lingkungan.

"Hal ini juga merupakan bentuk tanggung jawab Danone SN Indonesia dalam operasional bisnis yang bertanggung jawab sekaligus upaya menjaga lingkungan tetap lestari sehingga masyarakatnya dapat memiliki kesehatan yang lebih baik,” tutup Arif.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1998 seconds (0.1#10.140)