Prihatin Penusukan Anggota Satpol PP, Heru Budi Ajak Semua Pihak Patuhi Peraturan

Jum'at, 24 Februari 2023 - 00:36 WIB
loading...
Prihatin Penusukan Anggota Satpol PP, Heru Budi Ajak Semua Pihak Patuhi Peraturan
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono saat membesuk langsung korban bernama Bagus yang dirawat di RSCM Jakarta. Foto/Dok IG Heru Budi
A A A
JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengaku prihatin atas insiden penusukan anggota Satpol PP oleh pedagang kopi starling di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat. Heru Budi pun membesuk langsung korban bernama Bagus yang dirawat di RSCM Jakarta.

"Saya turut prihatin atas insiden penusukan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI yang sedang bertugas di Bundaran HI, Jakarta Pusat siang tadi. Saya beserta jajaran datang menjenguk korban bernama Bagus di RSCM sebagai bentuk dukungan. Saat ini Bagus sudah ditangani oleh tim dokter di rumah sakit," tulis Heru dalam laman Instagram @herubudihartono dikutip, Kamis (22/2/2023).

Heru mengajak semua pihak bersama-sama mematuhi aturan. Selain itu, keberadaan petugas di lapangan untuk menegakkan aturan dan ketertiban.

"Saya mengajak semua pihak untuk bersama-sama mematuhi aturan yang ada. Pahami bahwa keberadaan setiap petugas di lapangan sejatinya adalah untuk menegakkan aturan demi kebaikan dan ketertiban kita bersama," ucapnya.

Baca juga: Tusuk Satpol PP Gara-gara Ditegur Lawan Arah, Pedagang Kopi Keliling Ini Terancam 5 Tahun Penjara

Lebih lanjut Eks Wali Kota Jakarta Utara itu, menyemangati seluruh anggota Satpol PP agar tetap semangat dan mengedepankan sikap persuasif dan humanis.

"Tetap semangat untuk seluruh anggota Satpol PP DKI. Terus kedepankan sikap persuasif dan humanis dalam menegakkan aturan," tuturnya.

Sebelumnya, seorang anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ditusuk gunting oleh pedagang kopi keliling (starling) di Jalan MH Thamrin, Bundaran HI, Jakarta Pusat, Kamis (23/2/2023) pada pukul 11.30 WIB. Hal itu dikarenakan adanya selisih antara Petugas Satpol PP dengan pedagang.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin mengatakan, kejadian bermula saat anggotanya mengingatkan seorang pedagang kopi starling untuk tidak melawan arah di kawasan Bundaran HI.

"Tadi sekitar jam 11.30 WIB kami dapat informasi ada anggota kami yang pada saat bertugas menghalau pedagang sepeda kopi keliling, yang melawan arus jalan dari arah patung kuda Monas, menuju ke arah bundaran HI tapi jalurnya melawan arus," ujar Arifin saat dikonfirmasi, Kamis (23/2/2023).

Kemudian lanjut Arifin, anggotanya yang kala itu menegur pedagang starling tersebut justru mendapat perlakuan yang tidak sepatutnya. Yakni, pelaku langsung menodongkan senjata tajam ke arah petugas.

"Tetapi ternyata yang bersangkutan tidak terima, kemudian ada tindakan kekerasan, kriminalitas ya karena petugas ini sesungguhnya dalam posisi mengingatkan, bukan sedang dalam posisi penindakan, hanya menghalau," ungkapnya.

"Tiba-tiba yang bersangkutan melakukan penyerangan, menyerang anggota yang awalnya menggunakan tusukan es, tetapi itu bisa diamankan tusukan esnya, kemudian yang bersangkutan ambil lagi gunting," imbuhnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0993 seconds (0.1#10.140)