Bandara Halim Perdanakusuma Dulunya Tempat Latihan Pesawat Fokker Belanda untuk Kawasan Asia Pasifik

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 05:30 WIB
Pada tahun 1928, maskapai milik Belanda di Indonesia melakukan penerbangan di Bandara Halim dengan rute perdana yakni Batavia-Bandung, Batavia-Semarang.

Baca juga: COVID-19 Balik Lagi ke Wuhan, China Tutup Total Semua Bandara

Di samping sebagai pangkalan militer, Bandara Halim Perdanakusuma juga digunakan sebagai bandara sipil utama di Jakarta bersamaan dengan Bandara Kemayoran. Pada tahun 1974, bandara ini harus berbagi penerbangan internasional dengan Kemayoran karena padatnya jadwal penerbangan di sana. Halim juga sempat ditunjuk menggantikan peranan Kemayoran yang semakin padat.

Berdasarkan laman citilink.co.id, sejak tahun 2013 Bandara Halim Perdanakusuma melayani penerbangan haji yang dialihkan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta karena bandara tersebut sedang direvitalisasi. Kemudian, pada 10 Januari 2014 Bandara Halim Perdanakusuma beroperasi menjadi bandara komersial untuk membantu penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta yang semakin padat.

Adanya Bandara Halim Perdanakusuma sangat membantu baik untuk pertahanan negara atau penerbangan pribadi maupun komersil. Bandara ini juga dikelola langsung Angkasa Pura dan Angkatan Udara Indonesia. Tak heran Bandara Halim Perdanakusuma memiliki fasilitas dan teknologi yang cukup baik.

Sumber: IG @liputanwargakpirian, citilink.co.id, wikipedia.org
(jon)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More