Perbedaan Terminal 1, 2, dan 3 Bandara Soetta

Kamis, 01 Juni 2023 - 14:05 WIB
loading...
Perbedaan Terminal 1, 2, dan 3 Bandara Soetta
Bandar Soekarno-Hatta (Soetta) merupakan salah satu pintu masuk bagi warga negara asing (WNA) ke Indonesia. Foto/MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) merupakan salah satu pintu masuk bagi warga negara asing (WNA) ke Indonesia. Objek vital yang berada di wilayah Tangerang, Banten, ini mulai beroperasi pada tahun 1985.

Keberadaan bandara yang dikenal pula dengan nama Bandara Soetta ini adalah untuk menggantikan Bandara Kemayoran yang ditutup pada 31 Maret 1985.

Saat ini, Bandara Soetta memiliki 3 terminal untuk melayani penerbangan, baik domestik maupun internasional.


Berikut beberapa perbedaan Terminal 1, 2, dan 3 Bandara Soetta.

1. Tahun Operasi dan Lokasi

Operasional Terminal 1 Bandara Soetta bersamaan dengan dioperasikannya Bandara Soetta, yaitu pada tahun 1985. Lokasinya di sisi selatan bandara.

Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada 1992, Terminal 2 Bandara Soetta mulai dibuka. Terminal 2 terletak di sisi utara bandara, berseberangan dengan Terminal 1.

Sedangkan Terminal 3 dibangun dua tahap. Terminal 3 tahap pertama beroperasi pada 2009, lokasinya di sebelah timur Terminal 2.

Selanjutnya, dibangun Terminal 3 Ultimate yang terletak di sisi timur-utara bandara. Terminal 3 Ultimate beroperasi tahun 2016.

Namun kemudian, Terminal 3 Ultimate diintegrasikan dengan Terminal 3 yang telah ada sebelumnya dan disebut Terminal 3.

2. Arsitektur

Terminal 1 dan Terminal 2 dibangun dengan gaya arsitektur lokal. Unsur budaya Jawa juga dimasukkan dalam rancangannya. Di antara lounge ruang tunggu, terdapat kebun tropis yang ditanami pohon, semak, serta tumbuhan khas tropis.

Sementara, Terminal 3 dirancang dengan desain modern kontemporer berpadu citarasa tradisional. Tak hanya itu, Terminal 3 juga menerapkan konsep ramah lingkungan.

Dengan Intelligence Building Management System (IBMS), penggunaan air dan listrik (ecogreen) di Terminal 3 dapat dikendalikan. Misalnya, menghasilkan air bersih dari hujan, mendaur ulang air untuk menghasilkan air toilet dari air toilet bekas, serta adanya kontrol teknologi iluminasi untuk menerangi terminal yang disesuaikan dengan cuaca di sekitar terminal.

3. Layanan

Terminal 1 memiliki 3 subterminal, yakni A, B, dan C. Saat ini terdapat 7 gate (gerbang) di Terminal 1A dan 7 gate di Terminal 1B. Terminal 1 melayani seluruh penerbangan domestik, kecuali penerbangan yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)