Deretan Moda Transportasi ke Bandara Soetta dari Jabodetabek, Nomor 2 Ongkosnya Rp25.000

Jum'at, 05 Mei 2023 - 14:00 WIB
loading...
Deretan Moda Transportasi ke Bandara Soetta dari Jabodetabek, Nomor 2 Ongkosnya Rp25.000
Bandara Soetta menjadi bandara yang sering dipergunakan untuk melakukan penerbangan internasional maupun domestik bagi warga Jabodetabek. Foto/MPI/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Pesawat kini menjadi salah satu moda transportasi favorit masyarakat untuk bepergian ke luar kota. Di Jabodetabek Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menjadi bandara yang sering dipergunakan untuk melakukan penerbangan internasional maupun domestik.

Meski menjadi pintu masuk/keluar Jakarta, bandara ini berlokasi di Tangerang, Banten. Saat ini, Bandara Soetta dapat diakses dengan lebih mudah karena memiliki jaringan transportasi yang efisien dengan tersedianya berbagai moda transportasi.


Berikut beberapa moda transportasi untuk ke Bandara Soekarno-Hatta yang bisa digunakan oleh masyarakat.

1. Bus

Untuk menuju Bandara Soettaa, masyarakat bisa memilih moda transportasi bus. Salah satunya adalah Damri. Perusahaan transportasi pelat merah ini melayani warga Jabodetabek yang hendak ke Bandara Soetta dari banyak titik, di antaranya dari Stasiun Gambir, Botani Square Bogor, Lippo Karawaci Tangerang, dan Terminal Kayuringin Bekasi.

Tarif yang dikenakan berkisar antara Rp80.000 hingga Rp130.000. Bukan hanya itu, Damri juga hadir untuk masyarakat di luar Jabodetabek, seperti dari Grand Taruma Karawang, Pool Damri Merak-Terminal Seruni (Cilegon), dan Pool Damri Purwakarta, dengan tarif beragam.

Selain Damri, Bandara Soetta dapat pula diakses dengan bus Hiba Utama dari Terminal Depok, bus Agra Mas dari Bogor, Primajasa dari Bandung, serta Jabodetabek Airport Connexion (JA Connexion) yang dioperasikan oleh Perum PPD, Sinar Jaya, maupun Blue Bird.

2. Kereta Bandara

Kereta Api Bandara Soetta resmi melayani masyarakat menuju Bandara Soekarno Hatta sejak Januari 2018. KA Bandara Soetta bisa diakses dari beberapa stasiun KRL Commuter Line, yaitu Stasiun Manggarai, Stasiun BNI City, Stasiun Duri, dan Stasiun Batu Ceper dengan tujuan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

Dari titik tiba, pengguna bisa melanjutkan perjalanan ke terminal yang dituju dengan menggunakan Kalayang (kalayang) atau sky train. Semula, KA Bandara dioperasikan oleh PT Railink, namun sejak Maret 2023 PT Kereta Commuter Indonesia resmi mengambil alih pengelolaan KA Bandara.

Tarif KA Bandara bervariasi di setiap titik stasiun dan ada dua tipe. Mengutip informasi dari reservation.railink.co.id, saat ini tiket KA Bandara mulai dari Rp25.000 hingga Rp50.000.

Jadwal keberangkatan KA Bandara dimulai dari pukul 05.07 WIB dari Stasiun Manggarai dan terakhir pukul 20.22 WIB dari Stasiun Batu Ceper.

3. Minibus (Travel)

Selain bus dan kereta api, masyarakat juga bisa memanfaatkan layanan dari penyedia jasa travel. Umumnya, travel menyediakan keberangkatan dari Bandung menuju Bandara Soetta.

Ada pula travel yang melayani relasi Bintaro (Tangerang Selatan)-Bandara Soetta. Beberapa travel yang memberi layanan menuju Bandara Soekarno Hatta antara lain X-Trans, Jackal Holiday, Lintas, dan Cititrans.

Tarif yang dikenakan oleh setiap penyedia jasa travel ini berbeda-beda, mencapai sekitar Rp200.000.

4. Taksi dan Transportasi Online

Alat transportasi lainnya yang bisa digunakan untuk ke Bandara Soetta adalah taksi. Taksi yang bisa masyarakat pilih antara lain Blue Bird, Primajasa, Green Line, dan Tiara Express.

Tarifnya berkisar dari Rp5.000 hingga Rp9.000 per kilometer. Selain taksi, yang kini bisa dipesan online, masyarakat juga bisa menggunakan jasa penyedia transportasi online lainnya, seperti dari Grab ataupun Gojek, yang dapat langsung menjemput di depan rumah serta berhenti sesuai dengan terminal yang dituju di Bandara Soekarno-Hatta.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2555 seconds (0.1#10.140)