Jurus Tri Adhianto untuk Transportasi Modern di Bekasi

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 20:06 WIB
loading...
Jurus Tri Adhianto untuk...
Abdul Haris Bobihoe dan Tri Adhianto. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Calon Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menawarkan solusi terbaik untuk menjaga kesejahteraan para pengemudi angkot , sembari tetap mendukung keberlanjutan transportasi umum terintegrasi. Tri merespons demo pengemudi angkot di Gedung DPRD pada Rabu (2/10/2024).

Tri Adhianto menegaskan bahwa keberadaan Biskita ataupun Transpatriot merupakan bagian dari upaya besar untuk menghadirkan transportasi publik terintegrasi yang lebih nyaman, efisien, dan terjangkau bagi seluruh warga Kota Bekasi. Pria yang dikenal sebagai salah satu figur utama dalam pengembangan sistem transportasi di Kota Bekasi pada masa jabatannya sebagai Wakil Wali Kota dan Plt Wali Kota periode 2019-2024 ini juga mengakui bahwa kekhawatiran yang disampaikan oleh para pengemudi angkot adalah hal yang perlu diperhatikan serius.

“Saya sangat memahami keresahan para pengemudi angkot terkait dampak yang mereka rasakan. Kita semua ingin mencari solusi terbaik untuk semua pihak. Saya yakin, angkot dan Biskita atau Transpatriot bisa berjalan berdampingan sebagai bagian dari sistem transportasi yang terintegrasi," ujar Tri Adhianto dalam pernyataannya, Jumat (4/10/2024).





Tri membeberkan, solusi yang diajukan mencakup integrasi angkot ke dalam sistem transportasi umum yang lebih besar sebagai feeder atau penghubung rute permukiman ke jalur utama Transpatriot. Dia juga menyebutkan rencana untuk peremajaan angkot serta memberikan pelatihan keterampilan bagi para pengemudi angkot, yang memungkinkan mereka beradaptasi dengan perubahan, atau bahkan mengalihkan mereka ke sektor transportasi modern dengan pendapatan yang lebih stabil.

"Kami tidak hanya fokus pada pembangunan sistem transportasi yang modern, tetapi juga memastikan bahwa para pengemudi angkot tidak ditinggalkan. Kami ingin mereka terlibat dalam perubahan ini, melalui program peremajaan angkutan umum, pelatihan, insentif, dan subsidi yang dapat membantu mereka selama masa transisi,” imbuhnya.

Dirinya pun menekankan pentingnya dialog terbuka antara pengemudi angkot, pemerintah, dan masyarakat. Dia menilai kolaborasi adalah kunci untuk mencapai solusi yang menguntungkan semua pihak, tanpa mengabaikan kepentingan siapa pun.

"Kita harus mencari solusi yang inklusif. Nanti kita ajak dialog dan kolaborasi, saat itu (peluncuran Biskita) kita juga sering berdialog dengan pengemudi. Saya yakin kita bisa mewujudkan publik transport Kota Bekasi yang semakin nyaman, dan sejahtera bagi semua warganya," pungkasnya.

Sejak diluncurkannya Transpatriot dan BisKita, masyarakat Kota Bekasi sangat antusias menyambut kehadiran moda transportasi tersebut. Terlebih hadirnya LRT dan pembangunan MRT semakin mendekatkan warga untuk mendapatkan solusi transportasi terintegrasi yang lebih nyaman, aman, murah, dan tepat waktu.

Di sisi lain, para pengemudi angkot merasa bahwa keberadaan Transpatriot mengurangi jumlah penumpang mereka secara signifikan. Dengan upaya untuk menyeimbangkan kepentingan semua pihak, Tri Adhianto yang kini sedang mencalonkan diri sebagai Wali Kota Bekasi mengukuhkan komitmennya dalam menciptakan sistem transportasi yang lebih baik bagi Kota Bekasi, sekaligus memperhatikan kesejahteraan para pengemudi angkot yang telah lama menjadi bagian dari dinamika transportasi di kota tersebut.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1195 seconds (0.1#10.140)