Bangun Sekolah Perdana Berkonsep Net Zero, Anies: Sejarah Ditorehkan di Jakarta

Kamis, 29 September 2022 - 06:01 WIB
loading...
Bangun Sekolah Perdana Berkonsep Net Zero, Anies: Sejarah Ditorehkan di Jakarta
Gubernur Anies Baswedan meresmikan sekolah negeri dengan mengusung konsep Net Zero. Konsep tersebut menjadi yang pertama di Indonesia. Foto: Dok @AniesBaswedan
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan sekolah negeri dengan mengusung konsep Net Zero. Konsep tersebut menjadi yang pertama di Indonesia.

"Pertama kalinya di Indonesia dibangun sekolah negeri dengan konsep Net Zero. Hari ini sejarah ditorehkan di Jakarta," ujar Anies dalam akun Instagram @aniesbaswedan, dikutip Kamis (29/9/2022).

Baca juga: Resmikan Sekolah Berkonsep Net Zero, Ini Harapan Anies

Anies menuturkan, menjadi kebanggaan baginya telah meresmikan 4 sekolah negeri yang mengusung konsep green building dan net zero emissions di Jakarta.

"Empat Sekolah Net Zero yg jadi pilot project; SDN Duren Sawit 14 (Jaktim), SDN Grogol Selatan 09, SDN Ragunan 08 Pagi (Jaksel) & SMAN 96 (Jakbar)," jelasnya.

Baca juga: Anies Promosikan Program Sekolah Kolaborasi, Apa itu?

Anies menambahkan, konsep bangunan tersebut hemat energi. Sebab, telah memperbanyak ventilasi agar dapat memperlancar sirkulasi udara. Serta, kebutuhan energinya dipasok dari sumber energi terbarukan dan minimnya emisi karbon yang.

"Jakarta berkomitmen menurunkan 30 persen green house gas emission di tahun 2030, sekarang alhamdulillah sudah 26 persen. Selain kendaraan bermotor, bangunan menyumbang 39 persen emisi karbon global dan mengonsumsi 36 persen total energi global," paparnya.

"Bila kita tidak mengoreksi bangunan, terutama di perkotaan, maka kualitas udara akan selalu bermasalah. Karenanya kita harus membangun dengan konsep green building dan dimulai dari sekolah-sekolah," sambungnya.

Pemprov DKI Jakarta, lanjut Anies, terus merehabilitasi sekolah negeri lainnya menjadi gedung rendah emisi. Target 20 sekolah negeri berkonsep gedung rendah emisi pada 2023.
(thm)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1540 seconds (11.252#12.26)