Anies Promosikan Program Sekolah Kolaborasi, Apa itu?

Kamis, 01 April 2021 - 09:28 WIB
loading...
Anies Promosikan Program Sekolah Kolaborasi, Apa itu?
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta memiliki program sekolah kolaborasi. Lewat akun Instagram-nya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan tentang program Sekolah Kolaborasi.

"Apa itu sekolahkolaborasi? Sekolah kolaborasi merupakan wadah bagi harmonisasi sekolah negeri dan swasta dalam mewujudkan pendidikan tuntun tuntas berkualitas," jelas Anies di akun Instagram miliknya @aniesbaswedan yang dikutip, Kamis (1/4/2021).

Sekolah kolaborasi, lanjut Anies, bertujuan memberikan kesempatan yang sama untuk memperoleh layanan pendidikan berkualitas. Baca juga:Dekat Masjid Bersejarah dan Makam Habib Ali, Anies Revitalisasi Kampung Kwitang Pasca Terbakar

"Kolaborasi antara pemerintah dengan sekolah swasta untuk memastikan penyediaan layanan pendidikan berkualitas; mendorong kerja sama antar sekolah berbagi fasilitas dan kompetensi, serta membangun semangat kegotongroyongan," tambahnya.

Ruang lingkup pertukaran pengetahuan tentang pendekatan pembelajaran, manajemen kelas dan pengembangan konten mata pelajaran dari guru mata pelajaran.

Pertukaran pengetahuan dalam pengelolaan sekolah perencanaan dan penganggaran dan manajemen berbasis sekolah lainnya. Pertukaran akses terhadap fasilitas pelajaran termasuk untuk sumber belajar laboratorium maupun sarana olahraga.

Adapun sekolah piloting ada 21 pasang sekolah yang terdiri dari 10 SMP Negeri 10 SMP swasta dan 10 SMA Swasta dan 11 SMA swasta. Baca juga:Anies Ajak Masyarakat Cegah dan Menanggulangi Kebakaran

"Target 2021 penambahan sekolah piloting jenjang SMP dan SMA sebanyak 40 pasang terbentuknya piloting sekolah kolaborasi untuk SMK sebanyak 10 sekolah induk dan 30 sekolah Mitra," terang Anies.

Bentuk kegiatan Jaksa masuk sekolah di SMP Negeri 75 dan SMPS Al-Huda Jakarta bertujuan memberikan arahan kepada peserta didik selaku pemuda-pemudi agar menjadi pribadi yang taat pada hukum dan peraturan yang berlaku kategori kolaborasi kolaborasi pengembangan siswa. Adapun peserta kegiatan sebanyak 100 peserta didik dan guru.

Bentuk kegiatan pembuatan pos dan proposal ujian sekolah di SMPN 11 dan SMPS PGRI 3 Jakarta tujuannya adalah membuat pos ujian sekolah sesuai dengan juknis dan sesuai dengan konteks sekolah.

Selanjutnya ada pelatihan pembuatan katalog buku perpustakaan oleh SMPN 283 dan SMPS Alfatiya. Tujuannya memahami pembuatan katalog buku perpustakaan yang sesuai dengan dewey.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1477 seconds (0.1#10.140)