Mungkinkah Anies Maju Pilkada Jakarta 2024? Begini Analisis Pengamat

Kamis, 18 April 2024 - 09:49 WIB
loading...
Mungkinkah Anies Maju Pilkada Jakarta 2024? Begini Analisis Pengamat
Anies Baswedan. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Anies Baswedan hingga kini belum menyatakan sikap apakah akan maju dalam Pilkada Jakarta 2024. Proses Pilpres 2024 yang belum selesai sepenuhnya jadi alasan.

Menurut pengamat politik Jerry Massie, Anies memang terlihat tidak menggebu-gebu menyikapi Pilkada Jakarta 2024 yang akan digelar pada November mendatang.

"Anies nggak menggebu-gebu di Pilkada Jakarta. Karena faktor belum move on (pilpres) kemarin. Mungkin berpikir kalau dari pilpres turun ke pilgub kan turun level. Anies menjaga nama besar itu," ujar Jerry kepada SINDOnews, Kamis (18/4/2024).

Jerry juga mengatakan, faktor lain Anies belum memutuskan maju Pilkada Jakarta bisa jadi karena logistik yang terbatas lantaran sudah habis-habisan di Pilpres 2024. "Kalau DKI, punya 2 hingga 3 triliun, lewat itu barang," katanya.

Di sisi lain, Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) ini menilai bisa saja pada akhirnya Anies maju Pilkada Jakarta 2024 jika ada partai yang serius usung dirinya. Kemungkinan, partai tersebut adalah Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ).

"Kecuali PKS ingin siapkan logistik buat Anies. Berani nggak PKS? Bisa saja PKS koalisi dengan partai yang punya figur bagus dan logistik bagus," katanya.



Diketahui, saat ini PKS sudah memunculkan sejumlah nama seperti Mohamad Sohibul Iman, Mardani Ali Sera, dan Khoirudin. Tapi, jika partai lain punya sosok yang cukup kuat, PKS yang menjadi jawara Pileg 2024 di Jakarta tentu punya kepentingan untuk mencari sosok gubernur kuat untuk diusung.

Diketahui, sejumlah partai juga sudah menyiapkan beberapa bakal calon gubernur DKI Jakarta. Partai Golkar misalnya, memunculkan nama Ridwan Kamil, Erwin Aksa, dan Ahmed Zaki Iskandar. Sementara, nama Tri Rismaharini juga disebut-sebut menjadi calon yang akan disiapkan PDIP. Meski belum menyebut nama, Partai Gerindra memastikan akan mengusung kadernya yang gres dan berpeluang menang.

Sebelumnya, Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta Abdul Aziz menyebut pihaknya telah memiliki sejumlah nama potensial dari internal partai untuk didorong maju dalam Pilkada Jakarta 2024.

"Secara usulan, dari DKI, dari DPP, itu sudah ada masukan. Ya ada Wakil Ketua DPRD DKI Pak Khoirudin, Pak Mardani Ali Sera, yang tokoh-tokoh ya ada mantan Presiden PKS Pak Sohibul Iman. Tokohnya itu yang dari internal gitu," kata Abdul Aziz saat dikonfirmasi, Selasa (16/4/2024).



Aziz menyebut PKS tak menutup peluang Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 Anies Baswedan untuk maju di Pilkada Jakarta 2024. "Ya bisa saja. kita kan melihat bahwa beliau juga sudah punya legacy ya, track record yang baik di Jakarta, dan juga secara disenangi masyarakat juga tinggi berdasarkan survei kemarin. Kan kita lihat juga tuh kan semua masyarakat puas akan kinerja beliau," ujarnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1631 seconds (0.1#10.140)