Hari Pertama, 464.451 Penumpang Nikmati Penerapan Rute Baru Perjalanan KRL

Minggu, 29 Mei 2022 - 14:55 WIB
loading...
Hari Pertama, 464.451 Penumpang Nikmati Penerapan Rute Baru Perjalanan KRL
KRL Commuter Line mulai memberlakukan rute baru perjalanan pada Sabtu (28/5/2022). Tercatat 464.451 penumpang menikmati perjalanan tersebut. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - KRL Commuter Line mulai memberlakukan rute baru perjalanan pada Sabtu (28/5/2022). Tercatat 464.451 penumpang menikmati perjalanan pada pemberlakuan aturan tersebut.

"Khusus di Stasiun Manggarai volume pengguna sebanyak 20.152 orang," ujar VP Corporate Secretary PT KAI Commuter Indonesia (KCI) Anne Purba, Minggu (29/5/2022).
Baca juga: Sempat Semrawut, Perubahan Rute KRL Bekasi Tetap Dilanjutkan

Progres pembangunan Stasiun Manggarai sekitar 60 persen, pengguna yang transit cukup naik dan turun menuju peron tujuan dengan menggunakan tangga manual, lift, dan eskalator.

Berbeda dengan sebelumnya, pengguna harus menyeberang rel ketika melakukan transit. "Ini merupakan bagian dari perencanaan proyek Double-Double Track (DDT) yang memisahkan jalur Lintas Bogor, Lintas Bekasi, kereta bandara, kereta jarak jauh, serta pengaktifan jalur layang," tuturnya.

Tujuan pembangunan ini untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan penumpang KRL saat berpindah tujuan rangkaian kereta. "Seiring terus bertambahnya perjalanan kereta yang melintas di Stasiun Manggarai dan terus bertambahnya volume pengguna," ucapnya.
Baca juga: Rute KRL Berubah Mulai Hari Ini, Stasiun Manggarai Belum Membeludak

Pada hari pertama perubahan pola operasi ini, KCI terus melakukan evaluasi untuk meningkatkan kualitas terbaik kepada penumpang. Evaluasi yang dilakukan antara lain:

1. KCI memohon maaf terjadi kelambatan yang cukup tinggi pada hari pertama mengingat adanya pembatasan kecepatan menuju dan keluar Stasiun Manggarai pasca SO 5 untuk memastikan keselamatan perjalanan kereta. Namun, pada sore hari hal ini dapat diatasi dengan memotong relasi untuk memperkecil kelambatan. Pembatasan kecepatan pun terus dilakukan evaluasi agar dapat ditingkatkan.

2. KCI juga mengoperasikan KRL Feeder relasi Manggarai-Angke/Kampung Bandan melalui peron 8 untuk mengantisipasi kepadatan di peron 6 dan 7 dampak dari kelambatan dan potong relasi sehingga dapat mengurangi kepadatan di stasiun.

3. KCI juga menyiapkan petugas agar setiap fasilitas yang ada di Stasiun Manggarai dapat tersosialisasi dengan baik sehingga transit pengguna lebih dimudahkan dan dapat terlayani dengan baik.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0913 seconds (0.1#10.140)