Mengenal Papanggo, Lokasi JIS dan Sirkuit Formula E yang Dulunya Markas Laskar Bayaran Belanda

Sabtu, 19 Februari 2022 - 12:19 WIB
loading...
Mengenal Papanggo, Lokasi JIS dan Sirkuit Formula E yang Dulunya Markas Laskar Bayaran Belanda
Papanggo bakal menjadi magnet bagi masyarakat luas setelah di wilayah tersebut berdiri Jakarta International Stadium (JIS). Tak jauh dari stadion icon baru Jakarta itu sedang dibangun sirkuit balapan mobil listrik, Formula E. Foto: IG @jktinfo
A A A
JAKARTA - Papanggo bakal menjadi magnet bagi masyarakat luas setelah di wilayah tersebut berdiri Jakarta International Stadium (JIS). Tak jauh dari stadion icon baru Jakarta itu sedang dibangun sirkuit balapan mobil listrik, Formula E.

Dikutip dari wikipedia, Sabtu (19/2/2022), Papanggo merupakan kelurahan di Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kelurahan ini berbatasan dengan Kelurahan Warakas di sebelah Utara, Kelurahan Sungai Bambu di sebelah Barat, Kelurahan Sunter Agung di sebelah Timur dan selatan.



Nama Papanggo berasal bahasa Belanda, yakni De Papangers, yaitu sebutan untuk orang-orang yang berasal dari daerah Pampanga di Luzon, Filipina. Di tempat ini dahulu terdapat perkampungan/tangsi mereka, yang merupakan laskar bayaran Belanda.

Mereka didatangkan ke tempat ini guna memperkuat koloni Belanda yang menguasai tanah Betawi. Belanda menyebut mereka dengan sebutan De Papangers. Dalam bahasa Belanda yang berarti orang-orang asal Papangga.



Masyarakat pribumi lebih senang mengucapkan dengan kata Papanggo dari pada kata Papangga. Kian lama, sebutan ini menjadi meluas dan populer, hingga saat ini tempat itu disebut Papanggo.

Kini orang asli maupun keturunan Papangga sendiri sudah tidak ada lagi. Sebagian besar masyarakat yang tinggal di wilayah ini adalah pribumi dan beberapa dari etnis Tionghoa.



Ke depan Nama Papanggo bakal mendunia dengan keberadaan JIS dan sirkuit Formula E.Sirkuit tersebut memiliki panjang lintasan 2,4 kilometer, lebar 12 meter dan treknya membentuk kuda lumping jika dilihat dari atas. Sirkuit ini akan menjadi lokasi balapan para pebalap mobil listrik dari berbagai negara.

Sementar di JIS sudah direncanakan sejumlah laga klub-klub besar dunia, termasuk even-even musik. Saat ini pembangunan JIS telah mencapai 96,97 persen dari rencana 95,67 persen. Artinya terdapat deviasi positif sebesar 1,30 persen.

Kini, JIS sedang mengerjakan pemasangan atap buka-tutup atau retractable roof, membran ETFE, sky view deck, perapian precast tribun, serta pemasangan kursi regular.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1647 seconds (0.1#10.140)