Pemkot Depok Sediakan Tempat Isolasi Covid-19 Berbasis Masyarakat

Minggu, 30 Januari 2022 - 19:55 WIB
loading...
Pemkot Depok Sediakan Tempat Isolasi Covid-19 Berbasis Masyarakat
Pemkot Depok berencana membuka tempat isolasi Covid-19 berbasis masyarakat. Foto: Dok SINDOnews
A A A
DEPOK - Lonjakan kasus Covid-19 di Depok dalam dua pekan terakhir tercatat tinggi. Data yang didapat pada Sabtu (29/1/2022) terjadi 617 kasus baru. Dengan kondisi tersebut, Pemkot Depok berencana membuka tempat isolasi berbasis masyarakat.

“Kebetulan Pemprov Jabar akan menyediakan bantuan isolasi berbasis masyarakat,” kata Jubir Satgas Covid-19 Kota Depok Dadang Wihana, Minggu (30/1/2022).

Rapat bersama dengan Camat dan Lurah se-Kota Depok dilakukan untuk membahas lebih lanjut wacana tersebut. “Pak Wali sudah menginstruksikan kembali terkait tim pengawas yang diambil dari kepala-kepala OPD yang ditugaskan kembali di kecamatan-kecamatan,” ungkapnya.
Baca juga: Kabar Baik! 10 Hari Isolasi 2 Warga Tangerang Positif Omicron Sembuh

Soal detil tempat isolasi, dia belum bisa memberikan gambaran. Pihaknya memerlukan dukungan dari Pemprov Jabar yang akan dikoordinasikan dengan kemampuan sumber daya yang ada di Depok.

“Misalnya bagaimana monitoring kesehatannya, bagaimana dengan makan minumnya, apakah perlu disediakan dapur umum, dan lain-lain,” ujarnya.

Pemkot Depok juga berniat membuka kembali tempat isolasi terpusat di Pusat Studi Jepang (PSJ) Universitas Indonesia. “Kami sudah berkomunikasi dengan PSJ. Nakesnya juga sudah, termasuk juga untuk penyediaan isolasi di masing-masing kecamatan,” kata Dadang.
Baca juga: Catat! Ini Syarat Pasien Omicron Isolasi Mandiri di Rumah

Yang terpenting saat ini adalah meningkatkan kepatuhan warga terhadap protokol kesehatan. “Menggunakan masker, memang kita lihat sudah mulai terbiasa dengan situasi saat ini. Selanjutnya vaksinasi, ada vaksinasi booster itu silakan mengakses di rumah sakit,” ucapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1419 seconds (0.1#10.140)