Ini Alasan KPU Pilih Gelar Simulasi Pemungutan Suara Pilkada di Kota Depok

Sabtu, 07 September 2024 - 13:28 WIB
loading...
Ini Alasan KPU Pilih...
Ketua Divisi Teknik KPU Idham Holik memberikan keterangan kepada awak media di sela simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pilkada 2024 di Lapangan Sepakbola Kukusan, Beji, Depok, Jawa Barat, Sabtu (7/9/2024). FOTO/SINDOnews/BINTI MUFARIDA
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengungkap alasannya memilih Kota Depok, Jawa Barat untuk menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada) 2024 . Depok menjadi salah satu wilayah urban dengan populasi pemilih yang cukup padat.

"Depok ini salah satu wilayah urban dengan populasi pemilih cukup padat," kata Ketua Divisi Teknik KPU Idham Holik kepada awak media di Lapangan Sepakbola Kukusan, Beji, Depok, Jawa Barat, Sabtu (7/9/2024).

Idham menjelaskan pihaknya ingin mengetahui sejauh mana penyelenggaraan pemungutan suara di wilayah urban, seperti halnya Depok. "Dan kami juga ingin mengetahui sampai sejauh mana penyelenggaraan pemungutan suara di wilayah urban," katanya.



Dia mengatakan pihaknya telah memiliki beberapa klasifikasi dalam proses pemungutan suara mulai dari wilayah urban, pedesaan, bahkan juga kategori lainnya. Penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara pada November 2024 mendatang akan terselenggara dengan matang.

"Karena nanti kami punya beberapa klasifikasi, pada wilayah urban, ada wilayah pedesaan dan ada banyak kategori lainnya karena kami menyelenggarakan kegiatan simulasi tidak hanya satu," katanya.

Idham mengatakan simulasi pemungutan suara untuk Pilkada kali ini bertujuan untuk mengukur efektivitas dan efisiensi penyelenggaran pemungutan suara dan sampai sejauh mana tingkat akurasi petugas Kelompok Petugas Pemungutan Suara (KPPS) dalam mengadministrasikan hasil pemungutan suara. Bahkan, kata Idham, catatan dari evaluasi simulasi pemungutan dan penghitungan suara yang diselenggarakan kali ini akan dipresentasikan dalam rapat konsultasi dengan DPR.

"Catatannya mungkin nanti malam kita baru ketahui. Dan seperti yang pernah kami lakukan dalam pemilu serentak 2024 yang lalu hasil simulasi kami presentasikan dalam rapat konsultasi di DPR," katanya.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1568 seconds (0.1#10.140)