3 Jalan Angker di Bogor, Nomor 1 Ada Perempuan Menangis di Tanjakan Selarong

Kamis, 20 Januari 2022 - 11:27 WIB
loading...
3 Jalan Angker di Bogor, Nomor 1 Ada Perempuan Menangis di Tanjakan Selarong
Setiap akhir pekan jalur Puncak Bogor dipadati wisatawan, tapi jalan itu menyimpang segudang mistis. Foto/Dok SINDOnews
A A A
BOGOR - Tak melulu sebagai kota yang menyimpan keindahan, setidaknya terdapat 3 jalan angker di Bogor yang membuat bulu kuduk merinding ketika melewatinya. Berbagai penampakan dan cerita tragis terjadi di kota ini.

Pengendara yang tidak berhati-hati di jalan ini bisa mengalami kecelakaan. Berikut jalan angker yang dihimpun SINDOnews dari berbagai sumber di Bogor.

1. Jalan Raya Puncak Bogor

Jalan ini kerap menimbulkan kecelakaan lalu lintas tepatnya terletak di Tanjakan Selarong. Tanjakan ini memang dikenal memiliki riwayat kecelakaan yang cukup sering. Penyebab kerapnya kecelakaan di sekitar Tanjakan Selarong diketahui karena rem blong atau sopir yang kehilangan kendali.

Nama Selarong pada jembatan ini diambil dari sebuah nama hotel yang letaknya tidak jauh dari tanjakan tersebut. Dari berbagai sumber disebut sebelum kecelakaan terjadi akan terdengar pertanda melalui suara tangisan perempuan yang mampu didenger dengan jelas bahkan sampai ke pemukiman dan warung di sekitar Jalan Raya.

Sumber tangisan konon berasal dari sosok perempuan yang menempati pohon dekat dengan tanjakan. Sosok perempuan ini sering melintas menyeberang dari pohon di dekat jalur penyelamat ke arah rambu jalan yang terletak di seberangnya.

Sosok ini memberikan sinyal dari jarak satu kilometer sebelum tanjakan berupa sinar merah yang menandakan bahwa akan terjadi kecelakaan.

2. Jalan Manuggal Bogor

Jalan yang berada di Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat tersebut merupakan akses jalan penghubung atau jalan alternatif dari jalan dr. Semeru ke jalan Merdeka dan Jalan R.E Martadinata.

Jalan Manunggal memiliki panjang 700 meter dengan lebar badan jalan 5 meter. Jalan yang terbilang sempit ini membuatnya rawan kecelakaan terjadi di jalan tersebut.

Selain itu hal lain yang menyebabkan jalan ini rawan akan kecelakaan adalah karena terdapat turunan dan tanjakan yang terjal di dekat Jalan Raya Merdeka maupun Jalan Raya Semeru, sebuah jalan di Kota Bogor.

Hal mistis yang membuatnya angker adalah Jalan Manunggal dikenal sebagai lokasi pesugihan. Oleh sebab itu tak heran jika terjadi kejadian-kejadian aneh disekitar kawasan ini.

Konon pernah terdapat seekor ular besar yang berukuran panjang lebih dari 10 meter dan sebesar orang dewasa. Ular tersebut melintang begitu saja di tengah jalan. Ditemukan juga sesosok wanita menggunakan gaun putih panjang dengan muka yang tidak tampak terlalu jelas.

3. Terowongan Paledang, Bogor Tengah

Terowongan Peledang merupakan jalur Kereta Api Pangrango jurusan Sukabumi - Bogor. Jalur ini dikenal angker sebab menjadi salah satu kecelakaan maut yang pernah terjadi dengan menewaskan 12 pelajar SMA asal Bekasi.

Pada 12 Januari tahun 2000, kereta yang seharusnya berangkat pada siang hari mengalami keterlambatan jadwal karena terdapat sejumlah pelajar yang nekat menaiki atap gerbong.

Saat itu mereka ingin mendaki ke Gunung Salak. Namun karena gerbong penuh, mereka memilih untuk duduk di atas gerbong kereta meskipun sudah berkali-kali diperingati oleh petugas karena akan melewati sebuah jembatan yang sempit.

Tak mendengarkan, akhirnya kereta pun tetap berangkat. Ketika melewati Terowongan Paledang, mereka yang tidak bisa melewati lorong tersebut akhirnya meninggal secara tragis.

Bahkan, siswa yang lompat dari atap kereta pun mengalami patah tulang hebat karena laju kereta yang sangat capet. Tak hanya itu, pembangunan jembatan ini pada era kolonial juga telah mengorbankan banyak nyawa para pekerja rodi yang dipaksa membangun sehingga menambah kesan angker bagi siapapun yang melewatinya.

MG08 - Lorenza Ferary.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1883 seconds (0.1#10.140)