Kisah Kutil di Cimone Tangerang yang Sukses Budidaya Lele

Minggu, 28 November 2021 - 20:18 WIB
loading...
Kisah Kutil di Cimone Tangerang yang Sukses Budidaya Lele
Kelompok Usaha Ternak Ikan Lele (Kutil) yang terdiri dari warga Perumahan Cimone Permai, Kelurahan Cimone, Karawaci, Kota Tangerang sukses berbudidaya ikan lele hingga mampu membantu kelompok ternak lele di wilayah lainnya. Foto: Ist
A A A
TANGERANG - Siapa bilang terima bantuan benih ikan lele dari pemerintah hanya seremonial belaka. Kelompok Usaha Ternak Ikan Lele (Kutil) yang terdiri dari warga Perumahan Cimone Permai, Kelurahan Cimone, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang sukses berbudidaya ikan lele hingga mampu membantu kelompok ternak lele di wilayah lainnya.

Ketua Kutil Antonius Irliyanto mengungkapkan Kutil terbentuk sejak Desember 2020 lalu setelah menerima bantuan benih lele dari Pemkot Tangerang. Kutil menjadi salah satu RW dari delapan di lingkup Kelurahan Cimone yang mendapat bantuan.
Baca juga: Pemkot Tangerang Terus Upayakan Kesejahteraan Guru

“Awalnya bantuan yang kami terima berupa tiga pasang indukan, terpal ukuran 2x2 meter, pakan sebanyak 10 kg dan sejumlah perangkat selang dan aerator. Usai terima bantuan, kita juga menerima pelatihan hingga pembinaan lanjutan,” ujar Antonius, Jumat (26/11/2021).

Kutil kini terdiri dari 10 anggota yang fokus dalam menggeluti budidaya lele. Mulai dari perawatan, pemilahan umur lele, hingga proses pemijahan dilakukan secara gotong-royong.

Tidak tanggung-tanggung, terhitung pada Maret 2021 Kutil telah memiliki anakan sebanyak 20 ribu ekor. Sedangkan proses panen sudah dinikmati Kutil hingga 5 kali dengan total panen mencapai 400 kg lele.
Baca juga: Pemkot Tangerang Kembangkan Wisata Edukasi

“Hasilnya sudah kita kelola secara bisnis dalam arti sudah kita perjualbelikan, mendapat untung untuk anggota, operasional hingga peremajaan lahan budidaya lele. Pastinya sebagian hasil panen juga telah kita bagikan ke warga sekitar sebagai rasa bahagia panen bersama-sama,” ujarnya.

Saat ini, Kutil sudah menjadi kelompok budidaya ikan lele yang mampu menyuplai atau membantu kebangkitan budidaya lele di wilayah lainnya. Secara perlahan Kutil di Cimone menjadi wilayah percontohan dan tempat belajarnya para siswa hingga mahasiswa.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3045 seconds (0.1#10.140)